CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Direktur Bumdes Desa Limau Manis Diduga Tilap Dana Ratusan Juta

Kantor BUMDes Delima

Corpsnews.com Riau/Kampar – Direktur BUMDes Delima (MS) Desa Limau Manis Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, diduga menilap Dana BUMDes Ratusan Juta rupiah pada tahun 2019.

Berdasarkan Surat Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Limau manis Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar Provinsi Riau, nomor 014/BPD/LM/XII/2019 yang di tujukan kepada Kepala Desa limau Manis selaku Komisaris BUMDes, menyatakan bahwa,” Direktur BUMDes Delima (MS) diduga telah melanggar ketentuan AD/RT BUMDes yang melakukan penarikan Dana simpan pinjaman BUNDes tanpa ada Koordinasi dengan Komisaris BUMDES.

Pada poin ke dua Direktur BUMDes (MS) diduga telah dilakukan penarikan Dana sebesar Rp 100.000.000 (Seratus juta rupiah) pada tanggal 26/9/2019 yang di peruntukan untuk membuat tenda, yang tidaklah berdasarkan hasil Musdes yang dilaksanakan pada tanggal 25/10/2019.

Loading...

Poin ke-tiga ada Uang yang di setor kepada pihak pembuat tenda tidak di lengkapi dengan Dokumen perjanjian kerja/dokumen kerjasama (hanya selembar Kwitansi kecil yang keabsahannya masih di ragukan)

Menurut Ketua BPD Desa Limau Manis (Muhammad Syukron S.HI) menjelaskan kepada Awak Media Corpsnews.com bahwa masalah pengadaan pembuatan tenda tersebut sudah selesai, dan sudah lama di pesan kepada Nur Asiah di Danau Bingkuang, dan permasalahan ini sudah sampai ke tipikor , tapi lebih jelasnya bapak hubungi saja Kepala Desa, dan Direktur BUMDes nya”, ucap Ketua BPD.

Loading...

Selasa 31/5/2019 Awak Media Corpsnews.com mengkonfirmasi Direktur BUMDes Delima ((MS) melalui Telepon selulernya terkait dengan status Dana BUMDes untuk pengadaan Tenda, MS menyampaikan bahwa,” Tenda tersebut sudah selesai dan sudah pernah di pakai Warga, jadi itu sudah tidak ada masalah lagi, dan itu bisa di Cek ke desa “, terang MS.

BACA JUGA:

Ratusan Hektar Lahan KHL, HPT Di Desa Sungai Sarik di Alih Fungsikan Jadi Kebun Kelapa Sawit

Di hari yang sama Awak Media mengkonfirmasi langsung kepala Desa Limau manis, Khairul Anwar SH melalui selulernya, terkait dengan permasalahan BUMDes Desa Limau Manis, awalnya kepala desa mengatakan bahwa masalah Tenda itu Adanya miskomunikasi Antara BPD dengan Direktur BUMDes, namun untuk masalah itu sudah selesai dalam arti, Tenda sudah di pesan kepada Nur Asiah Danau Bingkuang.

Tapi karena tempat untuk penyimpanan Tenda Belum ada, sehingga Tenda itu belum diambil, dan itu sudah di rencanakan untuk pengelolaannya nanti akan di serahkan kepada pihak ketiga”,terang Kades.

Loading...

Anehnya Direktur BUMDes (MS) mengakui bahwa Tenda milik BUMDes sudah selesai dan sudah pernah di pakai Warga, namun kepala Desa Limau manis Khairul Anwar SH membantah bahwa tenda tersebut tidak ada di Desa limau Manis, dan belum pernah ada laporan bahwa tenda tersebut di pakai oleh warga, apalagi untuk menambah pendapatan Desa “, terang Kades.

Ada Apa dengan komisaris/ Kepala Desa, BPD, Direktur BUMDes?

Menurut penelusuran wartawan berdasarkan surat pemanggilan BPD kepada pengurus BUMDes dan di kutip dari keterangan masyarakat bahwa masalah dana BUMDES Delima ini sudah di laporkan ke Tipikor Polres Kampar. Dan pihak Tipikor Polres Kampar sudah turun.Tapi sampai sekarang belum ada kabar penyelesaian di Tipikor

Apakah pihak polisi sudah jeli memproses penyalahgunaan dana BUMDES Delima tersebut?

Sementara dalam surat pemanggilan pengurus BUMDES Delima/ Direktur BUMDES Delima (MS) tahun 2019,. Jelas tercantum dalam surat rekomendasi tindak lanjut pemangilan pengurus BUMDES, yang di lakukan BPD desa limau manis Tanggal 10/12/2019 adanya dugaan penyalahgunaan wewenang yang di lakukan Direktur BUMDES.

Direktur BUMDES mengatakan bahwa tenda tersebut sudah selesai, selesai seperti apa apa? Masih jadi pertanyaan masyarakat, Karena menurut Direktur BUMDes Tenda tersebut sudah pernah di pakai, namun nyatanya Menurut sepengetahuan kepala desa limau manis selaku Komisaris BUMDes bahwa tenda tersebut belum ada di desa limau manis dan belum pernah di pakai warga ataupun orang lain.(D.Harahap/CCR).

Terbitkan Pada: 1 Juni 2021 by Corps News

Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat