CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Peran Generasi Muda Dalam Kemajuan Teknologi Di Masa Pandemi Covid-19

BAGIKAN :

IMG 20210307 005737

PERAN GENERASI MUDA DALAM KEMAJUAN TEKNOLOGI DI MASA PANDEMI COVID-19
Oleh: Irwan Tahu

Pandemi covid-19 atau virus corona telah menjadi masalah global yang kompleks, tidak hanya dari sisi kesehatan tetapi ekonomi dan pendidikan pun terdampak oleh penyakit yang disebabkan oleh makhluk yang super mikroskopis ini. Para dokter dan tim medis berjuang mati-matian melawan virus ini, namun sampai sekarang belum ada jawaban yang pasti.

Tidak hanya di manca negara, virus corona juga sudah sejak lama menyerang Tanah Air tercinta yaitu Indonesia. Beribu-ribu orang harus menderita karena virus ini dan tidak sedikit pula yang pada akhirnya harus mengehembuskan nafas terakhir.
Bertolak dari situasi Pandemi Covid-19 yang marak terjadi, Kemajuan Teknologi, Informasi dan Komunikasi terus berkembang dan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Loading...

Selain itu TIK juga memainkan peran penting dalam berbagai bidang kehidupan manusia terutama dalam masa pandemi covid-19 ini. Di bidang ekonomi sudah begitu banyak aplikasi jual beli online/ pembayaran secara online, di bidang sosial telah muncul begitu banyak sosial media yang membantu percakapan jarak jauh dan tentunya juga terdapat budaya-budaya baru yang lebih modern, di bidang kesehatan, TIK menjadi salah satu sarana yang membantu para tenaga medis dalam merawat pasien dan peran yang paling penting terutama di masa pandemi ini ialah di bidang pendidikan.

Dalam hal ini, TIK membantu melancarkan kegiatan belajar mengajar siswa yang terjadi, misalnya saja pembelajaran online melalui Zoom atau Google Meet dan aplikasi lainnya. Tentunya perkembangan TIK yang begitu pesat, mempermudah dan membantu segala aktivitas manusia baik produsen maupun konsumen.
Pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi menyebabkan pertukaran informasi dari seluruh dunia semakin mudah terutama dalam masa pandemi covid-19 ini.

Dalam hal ini, teknologi menjadi bagian yang terpenting dalam masa pandemi ini, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun satu hal yang miris terjadi bahwa Generasi Muda kemudian salah mengartikan dan menggunakan alat-alat teknologi tersebut yang membawa dampak negatif dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya saja di bidang Ekonomi Generasi Muda lebih bersifat konsumtif tanpa ada usaha untuk menjadi produsen.

Di bidang sosial sifat individualis semakin merajalela dimana para Generasi Muda lebih senang berdialog di dunia maya daripada secara tatap muka (face to face) dan di bidang budaya banyak Generasi Muda yang menanamkan budaya hidup serba instant alias harap gampang dan menumbuhkembangkan rasa malas diantara sesama.

Selain itu, dalam dunia pendidikan Generasi Muda cenderung memanfaatkan teknologi sebagai alat dalam membantu mereka mengerjakan soal yang membuat mereka kurang kreatif dan bersikap kritis.

Di era perkembangan TIK yang berkembang sangat pesat ini, ditambah lagi generasi muda yang cenderung jatuh pada dampak negatif perkembangan TIK ini, secara tidak langsung telah menumpulkan jati diri bangsa dan menghapus Identitas Nasional Bangsa Indonesia. Berhadapan dengan masalah ini, Generasi Muda dituntun untuk bersikap kritis dan bijak dalam menghadapi kemajuan teknologi yang terus berkembang terutama di masa Pandemi ini.

Di sini teknologi dimanfaatkan secara baik dan bertanggung jawab demi kepentingan bersama dan bukan untuk kepentingan pribadi. Kemajuan Teknologi ditanggap secara kritis sehingga Generasi Muda tidak nomophobia atau kecanduan dalam memanfaatkan teknologi.
Dalam konsep ini, jika melihat situasi yang terjadi yakni Pandemi Covid-19, Generasi Muda dituntun untuk memainkan peran penting dalam menghadapi wabah virus Korona ini. Di sini, Generasi Muda dikenal dengan kreativitas yang tinggi, bersikap optimistis, dan memiliki kemampuan adaptif (fleksibel), sehingga mereka dapat mengambil peran penting di tengah ancaman Covid-19.

Selain itu, Generasi Muda hendaknya memiliki kapasitas dan kesempatan untuk menciptakan lingkungan dan menyesuaikan diri dalam situasi apa pun, termasuk dalam menerapkan pola kehidupan yang baru untuk menghindari dampak buruk pandemi Covid-19 secara berkelanjutan. Para Generasi Muda diharapkan untuk menjadi agent of change, yaitu pihak yang mendorong terjadinya transformasi dunia ini ke arah yang lebih baik melaluie efektifitas perbaikan dan pengembangan.  Melalui teknologi, gencarkan, ajak dan galakan edukasi semasif mungkin.(*)

Terbitkan Pada: 6 Maret 2021 by Corps News

BAGIKAN :
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat