CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Menghidupkan atau Mematikan Potensi Wisata Alam Indonesia

BAGIKAN :

 

IMG 20210226 WA0047Oleh : Ignatius Germanus Un Teku

Mahasiswa UNWIRA Kupang

Loading...

 

Keberadaan letak geografis wilayah Indonesia, sangat tinggi dalam memiliki potensi wisata alam, yang memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi bangsa indonesia dan juga keuntungan dalam aspek ekonomi, sosial-budaya dan relasi dalam lingkaran kerja sama dengan negra-negara yang lain. Potensi wisata alam memberikan suatu keindahan tersendiri bagi setiap orang yang melihat dan memberikan “nilai” secara tersendiri. Daya tarik wisata alam di indonesia, hampir setiap provinsi memiliki potensi wisatanya sendiri. Hal inilah yang berdampak dalam kerja sama dan kemajuan dalam mempromosikan potensi wisata kepada publik.

Loading...

Komisi V DPR RI telah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada Selasa, 26 Januari 2021. Rapat ini berlangsung dengan Dirjen Cipta Karya dan Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR ). Agenda yang dibahas yakni termasuk program kerja masing-masing di sepanjang 2021. Namun ada yang menarik dari rapat tersebut. Salah satu anggota Komisi V DPR (A. Bakri HM), menyebut di Nusa Tenggara Timur tidak ada yang istimewa. Paling hanya Pulau Komodo saja yang menurutnya istimewa.

Dalam situasi yang terjadi tersebut, menghantar setiap orang yang cinta bangsa indonesia akan memiliki asumsi yang buruk terhadap pernyataan dari seorang DPR. Hal yang utama dan mungkin adalah membuat masyarakat NTT kecewa karena ungkapan “tidak ada yang istimewa, paling hanya komodonya saja”. Perspektif seperti inilah yang hendak membentuk suatu pola pikir untuk mematikan dan menghilangkan suatu kebanggaan masyarakat indonesia, teristimewa masyarakat NTT. Kita tau bahwa NTT, sangat terpinggirkan dalam proses pembangunan dan mulai terlihat dan merasakan adanya pembangunan yaitu sejak masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Masyarakat NTT, sangat merasakan hal tersebut secara langsung.

Kehadiran Presiden Joko Widodo, telah membuka mata indonesia dan dunia akan keindahan wisata NTT. Harus diketahui bahwa bukan komodonya saja yang istimewa, tetapi masih ada banyak lagi separti, danau kelimutu, padang di sumba, padang fulan fehan dan masih ada wisata lainnya. Secara logis, boleh dikatakan bahwa, ungkapan dari seorang DPR seperti itu berdampak dalam pola pikir masyarakat, dan sangat buruk sebagai seorang yang hidup dalam pluralitas serta tidak ada rasa menghargai dan memiliki sebagai anak bangsa yang cinta akan identitas nasional.

Loading...

Dalam sebuah organisasi (identitas), rasa saling percaya adalah modal untuk meningkatkan kinerja, namun hal ini tidak bisa dipaksakan ataupun diperintahkan, dan hanya bisa ditumbuh-kembangkan serta diilhami dari organisasi yang sehat, di mana orang-orang yang ada didalamnya merasa terikat dalam suatu kontrak sosial, dan pada akhirnya akan membentuk budaya didalam organisasi tersebut, untuk mempromosikan apa yang menjadi daya tarik publik, bukan membicarakan kekurangannya. Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya, di mana makna bersama ini merupakan sekumpulan karakteristik yang khas, yang disepakati dan dijunjung tinggi untuk dilaksanakan dalam organisasi tersebebut. Apalagi sebagai suatu instansi legislatif kepercayaan masyarakt yang utuh, harus memberikan prospek dan kinerja dalam pembangunan yang baik dan benar, agar masyarakat merasakan arti memiliki dan dimiliki serta dihargai.

Sifat kepemilikan akan memusatkan perhatian kepada pemikiran jangka panjang, dan bukan jangka pendek, kepada strategi dan bukan taktik, dan apabila sifat manusia yang merasa memiliki (sense of belonging) ini dapat dikembangkan dalam sebuah instansi dan ditingkatkan lagi pada level destinasi, apalagi sampai tingkat nasional, maka akan berdampak baik untuk perkembangan kepariwisataan, sehingga muncul istilah Indonesia Incorporated. Hal itu bisa terjadi apabila orang-orang yang berperan dalam instansi tersebut mampu dan berjuang untuk mempopulerkan wisata yang ada dengan baik. Rasa memiliki itu sendiri merupakan hasil kombinasi dari kesadaran, komitmen, respek dan sedikit rasa posesif dalam konteks dedikasi dan kompetitif, yang dimiliki oleh orang-orang yang ada didalam sebuah organisasi atau instansi.

Hakikatnya bahwa, ketika orang-orang yang berperan pernting dalam memajukan suatu negara dengan menghargai dan mempopulerkan apa yang dimiliki, maka dengan sendirinya masyarakat akan mendukung dengan baik daan antusias. Hal ini juga berperan sebagai pembentuk identitas diri, serta memotivasi seseorang untuk berpartisipasi dalam memelihara dan menjaga destinasi yang dimiliki. Mempopulerkan sesuatu yang dimiliki tidak mudah membalikan telapak tangan. Segala persiapan dan kinerja perlu untuk dilihat dan dibenahi secara serius, agar terlihat adanya daya tarik, sehingga lahirlah sugesti dari publik untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam yang ditawarkan.

Maka dari itu, harus adanya progres dalam membenahi setiap potensi wisata alam ke depannya, dengan adanya eksistensi orang-orang yang menjamin suatu kemajuan dalam mempopulerkan potensi wisata alam yang dimiliki. Sejalan dengan itu, perlu merevitalisasikan kembali keadaan yang integratif dari segala bentuk pluralitas yang ada, agar adanya dukungan, dorongan dan rasa saling memiliki, menghargai serta mencintai sehingga berdampak pada prospek kinerja, yang akan pelaksanaannya berjalan dengan baik dan tanggung jawab. Perlu adanya sikap konfrontatif dalam segala aspek yang terkait, dalam memajukan dan mempopulerkan potensi wisata alam yang ada di indonesia,sehingg adanya akselerasi dalam bangsa indonesia. Dengan demikian, indonesia mampu dan memiliki wajah yang lebih menarik publik, untuk datang berwisata, serta menopang kehidupan ekonimo negara, sehinggga indonesia merasa memiliki kehidupan yang paten dalam potensi wisata alam.

Tulisan ini tanggung jawab sepenuhnya oleh penulis.

Terbitkan Pada: 26 Februari 2021 by Corps News

BAGIKAN :
Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat