CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Manusia Berkarakter, Bangsa Berjaya

BAGIKAN :
IMG 20210225 234141
Ilustrasi

MANUSIA BERKARAKTER BANGSA BERJAYA

Manusia pada hakikatnya adalah makluk yang berproses pada suatu tatanan kehidupan yang ia sendiri secara sadar sedang berotasi pada proses itu sendiri. Manusia yang berkarakter adalah manusia yang hidup dalam suatu aturan kehidupan yang secara implisit telah dikonfensikan demi membentuk dan membangun manusia itu sendiri.

Pada dasarnya setiap manusia memiliki karakternya masing-masing,namun kenyataannya pengertian karakter ini terkadang sering diartikan setiap orang dengan watak,kepribadian maupun sifat dari seseorang ,tetapi sebenarnya defenisi dari karakter sendiri adalah akumulasi dari watak ,kepribadian serta sifat yang dimiliki seseorang.

Karakter dalam diri seseorang sebenarnya terbentuk secara tidak langsung dari proses pembelajaran yang dilaluinya ,karakter manusia bukan berasal dari sesuatu bawaan sejak lahir namun lebih kepada bentukan dari lingkungan hingga orang-orang yang ada disekitarnya, artinya bahwa setiap manusia dapat menjadi manusiawi ketika ia mengetahui arti dari karakter itu sendiri sebagai suatu tatanan kehidupan yang sedang berposes pada dirinya sendiri.

Loading...

Sebagai suatu ulasan teori mengenai karakter dapat kita lihat dari pengertiannya menurut bebrapa ahli, Salah satunya adalah menurut Kamisa, Kamisa mengatakan bahwa karakter merupakan sifat kejiwaan,akhlak serta budi pekerti yang dimiliki seseorang yang membuatnya berbeda dibandingkan dengan orang lain.

Berkarakter juga dapat diartikan sebagai memiliki sebuah watak serta kepribadiaan. Menurut Doni Kusuma karakter adalah sebuah gaya,sifat ciri, maupun karakteristik yang dimiliki seseorang yang berasal dari pembentukan ataupun yang didapatkannya melalui linkungan yang ada disekitar. Melalui pengertian ini dapat kita kaji bahwa ketika seseorang memiliki watak atau sifat yang baik dalam kehidupannya ia dapat berbeda dengan orang lainya, selain itu karakter yang ada di dalam diri seseorang biasanya sejalan dengan tingkah lakunya,bila orang tersebut selalu melakukan aktivitas yang positif misalnya sopan berbicara,menghargai orang lain,senang menolong orang lain, dapat dikatakan bahwa karakter hidup yang dimiliki orang tersebut juga sangat baik, namun jika orang tersebut seringkali melakukan aktivitas yang buruk seperti senang mencela,berbohong dan selalu berkata yang tidak sopan maka tentu saja kemungkinan besar karakter dari orang tersebut sama buruk dengan perilakunya. Karena dapat dikatakan bahwa apa yang keluar dari diri seseorang itulah yang mengambarkan ciri dari orang tersebut.apa yang terpancar keluar adalah apa yang tersimpan didalam.

Lalu kita bertanya bahwa apa maksud dari “Manusia berkarater bangsa Berjaya” bertolak dari uraian mengenai karakter diatas penulis mengkaji melalui pendapat dari Kadir Arianto salah seorang dosen diperguruaan tinggi kota Jaya Pura yang memabahas mengenai identitas nasional yang tidak lain dan tidak bukan adalah menegani karakter dari yang mencerminkan moralitas bangsa, ketika karakter setiap orang mengacu pada kebaikan maka dengan sendirinya bangsanya akan Berjaya dan identitas nasionalnya pasti berada pada titik yang “aman” Kadir Arianto mengatakan bahwa “ ketika proses pembentukan identitas, solidaritas social dan nasionalisme keindonesiaan terganggu,maka ketika itu pula semangat identitas dan loyalitas kebangsaan yang berbasiskan etnis muncul dan menuntut untuk bertransformasi menjadi suatu entitas politik, disinilah peran Negara harus lebih berhati-hati dalam menyikapi ekspresi politik anak bangsa, sadarlah bahwa telah terjadi pergeseran sikap anak bangsa dalam memandang nation state.

Kadir Arianto menganggap bahwa etno- nasionalisme dan primordialisme yang merong-rong kohesi dan integrasi bangsa adalah sikap yang relevan, tetapi memberikan peluang bagi emansipasi terhadap budaya,agama dan etnis minoritas yang juga memiliki hak hidup dan wajib dihormati. Tantangan bangsa ini adalah bagaimana mentransformasikan kesadaran baru kepada identitas yang baru bernama identitas nasiaonal dengan implikasi psikologis yang menyenangkan”.

Dari pendapat Kadir Arianto ini dapat kita ketahui bahwa identitas nasional adalah yang merupakan sifat khas yang melekat pada suatu bangsa atau yang lebih dikenal sebagai kepribadian/karakter suatu bangsa. Secara terminologis sendiri, istilah identitas nasional merupakan suatu ciri filosofis yang membedakan satu bangsa dengan bangsa yang lainnya.

Oleh karena itu setiap bangsa di dunia ini memiliki identitasnya masing-masing sesuai dengan keunikan, sifat, ciri-ciri serta karakter dari bangsa tersebut.
Manusia berkarakter bangsa Berjaya mengartikan bahwa karakter merupakan unsur pokok dalam diri manusia yang dengannya dapat membentuk dan menemppatkan ciri dan identitas suatu bangsa menjadi yang terdepan, Karakter berfungsi sebagai kekuatan mental dan etik yang mendorong suatu bangsa merealisasikan cita-cita kebangsaannya dan menampilkan keunggulan-keunggulan komparatif, kompetitif, dan dinamis di antara bangsa-bangsa lain.

Karakter dapat meningkatkan peradaban manusia dan menjadi bangsa yang baik di dalam pergaulan dunia,artinya bahwa ketika setiap individu menanamkan suatu sikap dan watak yang baik dalam diri maka dengan sendirinya identitas bangsa itu akan tercermin dan terlihat baik pula. Ciri suatu bangsa yang baik dapat dibangun dengan karakter baik dari setiap orang yang adalah masyarakatnya sendiri. Karakter masyarakat yang baik adalah identitas bangsa yang Berjaya.

Karya : Gedarius Ezra

SEMINARI TINGGI St. MIKHAEL PENFUI KUPANG

*) Tulisan Ini Hak Milik Dan Tanggung Sepenuhnya Penulis

Terbitkan Pada: 25 Februari 2021 by Corps News

BAGIKAN :
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat