CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Bendungan Napun Gete Akhirnya Di Resmikan Presiden Jokowi

BAGIKAN :
IMG 20210224 184642
Foto: Sniper Secret Service Pasmpampres

CorpsNews, NTT – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Napun Gete di Desa Ilinmedo, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2/2021) sore. Peresmian bendungan ini adalah yang ketiga setelah sebelumnya Presiden meresmikan Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang dan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu. Secara keseluruhan Pemerintah menargetkan pembangunan 7 bendungan di provinsi tersebut.

“Inikan sebuah lompatan yang tidak kecil. Tetapi, produktivitas itu betul-betul harus dimunculkan. Jangan hanya pertaniannya saja (tapi) limbah pertanian bisa dipakai untuk makanan ternak,” ujar Presiden menyampaikan harapannya terkait keberadaan bendungan tersebut.

PRESIDEN KE NTT 23 2 5

Loading...

Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat meresmikan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, NTT, Selasa (23/2/2021) sore.

Presiden menambahkan, kunci kemakmuran di NTT adalah dengan adanya ketersediaan air.  Hal tersebutlah yang selalu menjadi permintaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam setiap kunjungan Presiden ke provinsi ini.

Loading...

“Setiap saya datang ke NTT, awal-awal, selalu yang diminta adalah bendungan, yang diminta adalah waduk. Dan permintaan itu adalah betul. Begitu ada air, semua bisa ditanam, tanaman tumbuh, buahnya diambil, daunnya bisa dipakai untuk peternakan,” ujarnya

 

IMG 20210223 WA0070
Presiden Joko Widodo resmikan Bendungan Napun Gete

Bendungan Napun Gete Kabupaten Sikka mempunyai kapasitas tampung 11,22 juta meter kubik, luas genangan 99,78 hektare. Bendungan ini memiliki manfaat untuk penyediaan air irigasi seluas 300 hektare, penyediaan air baku 0,2 meter kubik per detik, dan potensi penyediaan listrik tenaga air sebesar 0,1 megawatt, serta pengendalian banjir daerah hilir dan potensi untuk kebutuhan pengembangan sektor pariwisata. Biaya dari pembangunan Bendungan Napun Gete sebesar Rp880 miliar dengan masa pelaksanaan tahun 2016-2020.

Loading...

Mendampingi Presiden saat peresmian, di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur NTT  Viktor Laiskodat, dan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo.

Sebelumnya pada Minggu (14/02/2021) siang, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan Tukul, Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim), Minggu (14/02/2021) siang.

Pada Sambutan Peresmian tersebut Kepala Negara mengungkapkan, terdapat 65 bendungan di seluruh Tanah Air yang telah mulai dibangun sejak enam tahun yang lalu yang beberapa di antaranya juga telah selesai pengerjaannya dan diresmikan, seperti Bendungan Raknamo dan Rotiklot di Nusa Tenggara Timur, Bendungan Tanju dan Bendungan Mila di Nusa Tenggara Barat, Bendungan Teritip di Kalimantan Timur, Bendungan Gondang di Jawa Tengah, Bendungan Sei Gong di Kepulauan Riau, serta Bendungan Nipah di Jawa Timur.

“Hari ini (diresmikan) Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur.Minggu depan ini kita akan resmikan lagi Bendungan Napun Gete di NTT, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan Bendungan Sindang Heula di Provinsi Banten,” Tambahnya”Ujarnya

IMG 20210130 162033
Bendungan Napun Gete Maumere

Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sikka, Very Awales, membenarkan Presiden Jokowi akan ke Maumere, hari Selasa, 16 Februari 2021 untuk resmikan Bendungan Napun Gete.

Bahkan sebelum nya juga Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif, S.H, M.Hum., didampingi Danrem 161/Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya dan Danlantamal VII Kupang, Laksmana TNI I Gusti Kompiang Aribawa, Minggu (14/2/2021) pagi di Lapangan Apel Bupati Sikka, Jalan El Tari, Maumere memimpin Apel Gabungan Persiapan Pengamanan dalam rangka kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Sikka, Selasa (16/2/2021).(red)

Terbitkan Pada: 24 Februari 2021 by Corps News

BAGIKAN :
Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat