CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Kunker Kunjungan di DIY, Kapolri Jalin Silaturahmi ke PP Muhammadiyah Yogyakarta

BAGIKAN :
kunjungan kerja di diy kapolri jalin silaturahmi ke pp muhammadiyah yogyakarta
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir Dan Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si

CorpsNews, Yogyakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersilaturahmi dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir di kantor Pengurus Pusat Muhammadiyah, Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta, Jumat, 19 Februari 2021.

Kapolri beserta rombongan tiba di PP Muhammadiyah sekitar pukul 13.30 WIB dan mengakhiri pertemuan itu sekitar pukul 14.30 WIB. “Kapolri kulanuwun, silaturahmi kepada PP Muhammadiyah di ibu kotanya (Yogyakarta), sekaligus juga memperkenalkan program dan langkah pokok yang memerlukan sinergi dengan Muhammadiyah,” kata Haedar.

Selain memberikan selamat atas amanah baru Listyo Sigit Prabowo, menurut Haedar, Muhammadiyah juga menyampaikan tiga hal kepada Kapolri. Pertama, kata dia, di era pandemi COVID-19, Muhammadiyah bersama Polri dengan porsi dan peran masing-masing membangun jaringan untuk meningkatkan ikhtiar mengatasi pandemi Covid-19.

“Kedua, kami mendiskusikan dan menyatukan visi bagaimana Muhammadiyah dan Kapolri bersama jajaran kepolisian di seluruh Republik Indonesia serta seluruh komponen pemerintah dan komponen bangsa meningkatkan usaha bersama untuk merekat persatuan bangsa,” kata dia.

Loading...

Haedar juga menjelaskan kepada Kapolri mengenai peran-peran kebangsaan di bidang sosial, pendidikan, kesehatan, hingga pemberdayaan yang melintas batas untuk semua warga bangsa.

“Bahkan, kami sampaikan di kawasan di mana Muhammadiyah dan umat Islam minoritas, tidak ada kendala bagi Muhammadiyah untuk hadir dengan peran-peran yang bersifat memberdayakan, memajukan, dan menyatukan kehidupan bangsa sebagaimana di Indonesia bagian timur,” kata Haedar.

Terakhir, Haedar dan Kapolri juga membahas mengenai upaya edukasi untuk mengawal ketertiban dan keamanan di era media sosial. “Di era media sosial ini bagaimana Muhammadiyah dan jajaran kepolisian terus melakukan edukasi untuk ketertiban dan keamanan serta kehidupan yang bisa saling toleran satu sama lain di tengah keragaman,” kata Haedar.

BACA JUGA:

Silaturrahmi ke Ketua MUI Sulsel, Kapolri: Dukungan Ulama Sangat Penting Untuk Menjaga Kamtibmas

Sementara itu Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., kembali menyampaikan polri akan lebih selektif lagi dalam menindaklanjuti laporan khususnya yang mengarah pada UU ITE.

Dalam keterangan yang disampaikan, Kapolri akan mengedepankan “Restorative Justice” disetiap penanganan kasus.

Selain itu, Kapolri juga menyampaikan pihaknya akan lebih membuka ruang mediasi dalam penanganan kasus yang ada kecuali terhadap isu-isu yang yang berpotensi terhadap konflik sesama bangsa dan beresiko memecah belah bangsa.

“Kami akan mengedepankan penyelesaian dengan cara yang lebih baik, mediasi, dan restorative justice. Namun, untuk hal-hal yang berpotensi terhadap konflik sesama bangsa dan berisiko memecah belah NKRI, kami akan proses, tidak ada toleransi,” ungkap Kapolri.

Hal tersebut disampaikan Kapolri setelah maraknya isu saling lapor dan juga tindak lanjut instruksi yang disampaikan oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo saat membuka Rapim TNI Polri beberapa waktu lalu.

Kapolri saat melaksanakan kunjungan kepada Ketua Umum PP Muhammadiyah di Yogyakarta, Kapolri turut didampingi Kapolda DIY, Irjen. Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si. serta sejumlah pejabat Mabes Polri diantaranya, As Ops Kapolri, Kadiv Propam Polri, Kadiv Humas Polri, serta sejumlah pejabat lainnya.(polri)

Terbitkan Pada: 20 Februari 2021 by Corps News

BAGIKAN :
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat