CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Terkait Penyerobotan Lahan di Desa Kabuna, Honorio Bau Carvalho Cs Siap Hadapi

BAGIKAN :
IMG 20210202 WA0026
Honorio Bau Carvalho

Corpsnews, Belu – Dugaan penyerobotan dan kuasai lahan suku yang terletak di Desa Kabuna Kecamatan Kakuluk Mesak kabupaten Belu (NTT), Honorio Bau Carvalho Cs yang juga warga Desa Kabuna Kecamatan Kakuluk Mesak diadukan ke DPRD Kabupaten Belu.

Sesuai pantauan media saat itu dihadiri oleh sejumlah petua dari ke empat suku tersebut dan disertai dengan Ketua Komisi Keadilan Perdamaian Pastoral Atambua (Rm. Paulus Nahak). Kehadiran mereka diterima oleh Ketua Komisi 1 DPRD Belu Benediktus Manek yang berlangsung diruangan komisi 1. Serta dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD Belu diantaranya Agustinho Pinto, Edu Mauboy, Elvis Pedroso, Thoedorus Manek Djuang Medi Manek serta kepala desa kabuna Adrianus Yoseph Laka, Rabu (27/01/2021).

Dari hasil laporan pengaduan tersebut diketahui, sebagai juru bicara, Aprianty Imakulata mewakili ke empat suku yang hadir, selanjutnya ia mengemukakan bahwa lahan yang terletak di Wehedan adalah lahan milik Suku Dua Mone, Suku Dua Rema, Suku Mali Bein, dan Suku Koli Mali dengan ukuran seluas 5 hektar.

Loading...

“Lahan seluas 5 hektar itu milik kami Suku Dua Mone, Suku Dua Rema, Suku Mali Bein dan Suku Koli Mali”, katanya.

Apriyanty Imakulata juga menjelaskan bahwa, lahan tersebut dikuasai oleh Honorio Bau Carvalho Cs hingga hari ini sudah 7 tahun sejak dari tahun 2013.

Loading...

Setelah ditelusuri oleh media, kata Honorio, bahwa tidak ada sebab dan akibat hari ini Honorio bersama keluarga besar mendiami lahan tersebut.

“Secara garis besar Suku Dua Mone dengan Suku Aitali adalah suku Kaka beradik, dan secara garis struktural adat saya Honorio bisa mempertanggung jawabkan struktural suku tersebut”, ujar Hono.

Lebih lanjut, lanjud Honorio, menjelaskan bahwa lahan tersebut merupakan tanah suku (Ulayat) maka menurut nya, semua hanya memiliki hak pake, silahkan pake dan untuk siapa saja dalam suku tersebut datang dan menikmati lahan – lahan yang ada.

Loading...

“Tetapi untuk diperjual belikan saya Honorio tidak memberikan izin untuk tanah suku untuk diperjual belikan”, tutupnya.

 

Anno/Corpsnews Biro Belu

Terbitkan Pada: 2 Februari 2021 by Corps News

BAGIKAN :
Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat