CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Sempat Aksi Telanjang Hadapi Gubernur NTT Hingga Konflik Bersama Satpol PP, Besipae Kini Sudah Tenang

BAGIKAN :
silaturahmi dengan warga adat besipae kapolda ntt situasi makin kondusif ivh
Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif, S.H., M.Hum Silaturahmi Dengan Warga Adat Besipae

Corpsnews, NTT – Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., mengatakan situasi di Besipae, Timor Tengah Selatan (TTS) semakin kondusif pascasengketa lahan dengan Pemprov NTT yang sempat viral di media sosial.

Masyarakat kini membuat kerajinan kain tenun untuk dijual, usai meninggalkan lahan sengketa.

“Kehidupan di Besipae semakin kondusif dan normal kembali. Yang paling penting setidaknya sekarang konflik horizontal di tengah masyarakat tidak terjadi lagi,” terang Kapolda, Sabtu (23/01/2021).

Loading...

“Saya undang mereka ke Polres TTS karena mendengar mereka sekarang ini membuat kerajinan tenun. Ibu-ibu yang dulu berkonflik (dengan Satpol PP NTT-red) sekarang sudah tenang. Ada yang memberi mereka modal produksi kain tenun,” tutur Kapolda.

Kapolda bersyukur, masyarakat Besipae tetap semangat produktif di tengah pandemi COVID-19.

Loading...

Kapolda pun berharap masalah sengketa lahan antara masyarakat dengan Pemprov NTT tak lagi menimbulkan konflik seperti sebelumnya.

Diketahui Sebelumnya diberitakan bahwa pada tanggal 18 Agustus 2020, Pemerintah Propinsi NTT melalui polisi pamong praja, Brimob dan TNI telah diduga melakukan upaya intimidatif dan represif terhadap masyarakat adat Besipae, TTS untuk mengosongkan lahan yang sedang mereka tempati. Pengosongan lahan dengan cara membongkaran rumah itu didasarkan pada sertifikat Hak Pakai Nomor 00001 tanggal 19 Maret 2013 seluas 37.800.000 m2 atas nama Dinas Peternakan Provinsi NTT.

BACA JUGA:

Loading...

Urgensi Kemanusiaan di Besipae, 21 Organisasi Pemuda NTT Gelar Demo di Kemendagri

Akibat kejadian tersebut akhirnya Aliansi Solidaritas Besipae (ASB) yang terhimpun dari 21 organisasi pemuda dari daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan aksi demo di depan kantor Kementrian Dalam Negeri Repubik Indonesia (Kemendagri), Jakarta Pusat pada Kamis (27/8/2020).

Aksi yang digelar bertajuk “Urgensi Kemanusiaan di Besipae, Timor Tengah Selatan (TTS) – NTT”, tersebut ASB menyampaikan tuntutan berikut:

  1. Mengutuk segala macam tindakan represif dan intimidasi oleh Pemerintah Provinsi NTT dan aparat keamanan kepada masyarakat Adat Besipae
  2. Mendesak Kapolri dan Panglima TNI untuk mencopot Kapolda dan Pandam NTT serta Kapolres NTT.
  3. Mendesak Pemerintah Provinsi NTT untuk menghentikan segala aktifitas dan mengembalikan hak-hak masyarakat Adat Besipae.
  4. Mendesak Pemerintah Provinsi NTT untuk menggantikan seluruh kerugian materil masyakat Adat Besipae.
  5. Mendesak Pemerintah Provinsi NTT untuk meminta maaf secara adat kepada masyarakat Adat Besiape

Tak hanya itu,  bahkan sebelumnya Senin (11/05/2020) siang beredar di media sosial viral Sebuah video yang memperlihatkan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat yang disambut aksi telanjang dari beberapa ibu Besipa’e, Desa Mio, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)

BACA JUGA:

Viral Video Disambut Aksi Telanjang, Gubernur NTT Panjat Pagar

Dalam video tersebut tampak tiga orang ibu berteriak protes dan langsung membuka baju di depan rombongan Gubernur Viktor.

Tampak juga seorang warga lainya berteriak sambil menunjuk sang Gubernur.

IMG 20200513 174504

Hal itu sontak memantik emosi Viktor dan langsung memanjati pagar dan hendak menjumpai rakyatnya. Entah apa yang ingin disampaikan oleh Laiskodat kepada warga itu, tidak terlihat dan terdengar baik dalam sebaran video yang beredar.

Informasi yang dihimpun, aksi itu bermula dari rencana VBL merelokasi puluhan warga karena dilokasi itu akan ada pembangunan lokasi peternakan dan proyek kelor. (red)

Terbitkan Pada: 25 Januari 2021 by Corps News

BAGIKAN :
Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat