CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Ormas “GPAB” Muara Enim Sumsel Klarifikasi Edarnya Penolakan Surat Ke PT. Bukti Asam Tbk

BAGIKAN :
IMG 20210125 WA0068
Ormas “GPAB”

Corpsnews, Sulsel – Terkait pemberitaan yang sudah beredar di media online, bahwa GPAB Belum ada buat surat ke PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) itu tidak benar, karena sudah 2 kali surat di ajukan, bahkan pihak PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) menerima melalui GM ke PT. Bukit Asam Tbk (PTBA).

Berikut uraian kronologis klarifikasi dari Ormas GPAB Kabupaten Muara Enim ke PT. Bukit Asam Tbk (PTBA);
Sehubungan dengan surat Klarifikasi kami Nomor : 119/SRT-KLP/DPC-GPAB-M.ENIM/XI/2020, tanggal : 18 November 2020, Perihal : Klarifikasi tentang dugaan pengalihan atau dugaan peutupan anak sungai di ataran bintan, mbemban dan mbiung serta kiahan apakah sudah mendapat izin dari pihak terkait karena dugaan pengalihan anak sungai mbiung, mbemban dan bintan serta kiahan berdampak pada meluapnya anak sungai tersebut.

Isi dari surat diatas:
kami mempertanyakan sudah mendapat izin dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim perihal dugaan pengalihan anak sungai kiahan, anak sungai mbiung di daerah Darmo, kami juga dapat temuan baru di duga pengalihan anak sungai mbemban dan bintan sehingga berdampak pada meluapnya anak sungai bintan, anak sungai mbemban, anak sungai mbiung (photo terlampir). Sesuai PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 38 TAHUN 2011 TENTANG SUNGAI Pasal 19 yang isinya :
Pengelolaan sungai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 dilakukan oleh:
a. Menteri, untuk sungai pada wilayah sungai lintasprovinsi, wilayah sungai lintas negara,
dan wilayah sungai strategis nasional;
b. Gubernur, untuk sungai pada wilayah sungai lintas kabupaten/kota; dan
c. Bupati/walikota, untuk sungai pada wilayah sungai dalam satu kabupaten/kota

Loading...

diterusakan surat ke 2 ; Nomor : 125/SRT-KLP/DPC-GPAB-M.ENIM/XI/2020, Perihal: Klarifikasi II, Tangga 27 NOVEMBER 2020, mempertanyakan kembali pengalihan atau dugaan peutupan anak sungai di ataran bintan, mbemban dan mbiung serta kiahan apakah sudah mendapat izin dari pihak terkait karena dugaan pengalihan anak sungai mbiung, maka di jawab PTBA dengan Nomor Surat T/263/253000/HK.02/XII/2020, tanggal 8 desember 2020 perihal : Klarifikasi DPC-GPAB Kabupaten Muara enim yang unyi suratnya yaitu :
1. Bahwa PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) dalam melaksanakan kegiatan operasional pertamangan Batubara selalu memperhatikan kaidah-kaidah teknik pertambangan yang baik (Good Mining Practice) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
2. Bahwa “Terkait tentang pengalihan anak sungai, PTBA telah mendapat persetujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) melalui Surat Sekretaris Jendral an. Menteri PUPR Nomor HK.0203-Mn/531 Tanggal 27 Juni 2016.
Sesuai Informasi yang kami dapat dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim, bahwa PT. Bukit Asam telah mendapat persetujuan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia melalui surat Nomor : HK.02.03-Mn/531 Tanggal 27 Juni 2016 perihal persetujuan Pengalihan Alur sungai dan Pemanfaatan Ruas Bekas Alur Sungai Kiahan, Sungai Lawai dan Sungai Tabu di Sumatera Selatan oleh Pt. Bukit Asam.

Tetapi untuk pengalihan alur sungai dan pemanfaatan Bekas Alur Sungai Kiahan (termasuk sungai mbiung, sungai mbemban dan sungai bintan yang bermuara ke sungai kiahan, serta sungai lawai, sungai tabu, sungai lengi dan sungai niru tahap II oleh PT. Bukit Asam baru diajukan Tanggal 15 Juni 2020, dengan Nomor Surat : I/020/0100/HK.02/VI/2020.

Loading...

Itulah yang menjadi pertanyaan kami, maka kami coba untuk berkomunikasi melalui WA, baik dengan HUMAS PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) maupun dengan GM PT. Bukit Asam Tbk (PTBA), tapi kurang di respon, maka kami layangkan surat ini, apakah benar laporan kami ini, kita tunggu dari penyelidikan dari pihak terkait. Seharusnya PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) terbuka dengan ORMAS GPAB Kabupaten Muara Enim, sehingga hal seperti ini tidak menjadi polemik. (GPAB/TIM)

Terbitkan Pada: 25 Januari 2021 by Corps News

BAGIKAN :
Loading...
TERIMA KASIH
TELAH MENGUNJUNGI CORPSNEWS
MEDIA FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat