CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Persentase KTP-El Di Pertanyakan, DPR dan Pemerintah Apresiasi Suksesnya Pilkada 2020 di Tengah Pandemik

64
Rapat Dengar Pendapat (RDP) Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di Gedung DPR RI

Corpnews, Jakarta – Komisi II DPR RI mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu yang sukses menyelenggarakan pilkada di tengah pandemik Covid-19. Salah satunya disampaikan oleh Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Dolli Kurnia Tandjung dalam rapat dengar pendapat (RDP) Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di Gedung DPR RI, Selasa 19 Januari 2021.

Ahmad Dolli Kurnia Tandjung mengatakan masyarakat merasa bangga dengan baiknya pelaksanaan Pilkada 2020. Dia pun mengucapkan ucapan terima kasih kepada Kemendagri, KPU, Bawaslu, DKPP, dan seluruh pihak terkait yang mendukung pelaksanaan pilkada sehingga berjalan sukses.

“Terima kasih kepada Bawaslu RI dan seluruh pengawas sampai tingkat TPS juga mengucapkan belasungkawa kepada keluarga aparat penyelenggara yang gugur pada masa tugasnya,” katanya di rapat dengar pendapat (RDP) Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di Gedung DPR RI Jakarta

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengklaim suksesnya pelaksanaan Pilkada 2020 mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak baik dalam dan luar negeri. Pasalnya kata dia, Indonesia dapat melaksanakan pilkada dengan aman dan tertib.

“Kami mengapresiasi kepada semua pihak khususnya penyelenggara KPU, Bawaslu, DKPP terlepas dari persoalan yang tentunya ada,” kata Tito.

Ketua Bawaslu Abhan mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga pelaksanaan Pilkada 2020 bisa berjalan dengan baik.

“Mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2020,” katanya.

Perlu diketahui dalam Evaluasi Pelaksanaan Pilkada serentak 2020 bersama Komisi II DPR RI, Kemendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP terdapat beberapa kesimpulan yakni.

Loading...

1. Komisi II DPR RI menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah khususnya Kementerian Dalam Negeri, KPU RI, Bawaslu RI, DKPP RI, Partai Politik, Pasangan Calon, Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan RI, Tentara Nasional Indonesia, Satgas Penanganan Covid-19 dan seluruh masyarakat Indonesia yang telah ikut berperan dan berpartisipasi dalam mendukung terselanggaranya Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota Serentak tanggal 9 Desember 2020 yang dapat dinilai sukses.

2. Mencermati pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, Komisi II DPR RI menilai masih perlu dilakukan evaluasi, diantaranya:
a. Masih terdapat pelanggaran dan sengketa Pilkada;
b. Masih adanya indikasi praktik Politik Uang;
c. Masih ditemukan Permasalahan dalam Daftar Pemilih Tetap;
d. Pelanggaran Netralitas ASN, Polri/TNI;
e. Lemahnya komunikasi dan koordinasi antar Penyelenggara Pemilu

Untuk menindaklanjuti permasalahan Pilkada Serentak Tahun 2020 di atas, Komisi II DPR RI membentuk Panitia Kerja (Panja) Evaluasi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di Gedung DPR RI tersebut juga anggota Komisi II DPR RI Mohamad Muraz menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada penyelenggara pemilu atas keberhasilan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang telah berjalan dengan baik. Muraz meminta informasi mengenai besaran persentase jumlah KTP Elektronik yang berhasil diselesaikan di seluruh daerah yang melaksanakan pemilihan.

Loading...

 

“Dari seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada, berapa persen E-KTP yang berhasil diselesaikan,” ucap Muraz saat Rapat Kerja Komisi II DPR RI dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Plt KPU, Ketua Bawaslu dan DKPP, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2021).

 

Ia juga mempertanyakan dampak yang bisa ditimbulkan apabila ada calon kepala daerah yang menang Pilkada namun pelantikannya baru akan dilakukan 11 bulan kemudian. “Apakah ada dampak terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan publik. Hal ini yang kita khawatirkan,” ujarnya.

 

Kepada pihak KPU, politisi Fraksi Demokrat itu meminta informasi mengenai program aplikasi Sirekap sebagai alat pembanding penghitungan hasil suara. “Apakah ada perbedaan (hasil) jumlah yang diperoleh dengan yang tidak menggunakan Sirekap. Dan apa masalah atau kesulitan utama yang dirasakan KPU dalam pelaksanaan Pilkada serentak kali ini. Mungkin ada saran untuk kegiatan pemilu yang akan datang,” kata Muraz.

 

Ia juga sempat mempertanyakan tentang beberapa laporan terkait masalah pidana yang terjadi pada masa pelaksanaan Pilkada serentak ini kepada pihak Bawaslu. “Apakah sudah ada keputusan dari pengadilan terhadap masalah tersebut, dan apakah ada yang sampai terkena pidana kurungan,” tuturnya.

 

Terkait pemecatan Arief Budiman sebagai Ketua KPU RI oleh DKPP yang dianggap telah melanggar etik karena ikut mengantarkan pengaduan gugatan ke PTUN serta kaitannya dengan pengangkatan kembali saudari Evi sebagai Komisioner KPU, Muraz mempertanyakan apakah putusan DKPP itu murni pelanggaran etik saja atau ada hal lain yang berkaitan dengan masalah integritas Arief Budiman.

 

Kalau KPU tidak mengangkat kembali (Evi), kan putusan PTUN nya sudah ada dan akan membingungkan pihak KPU. Apakah itu betul-betul kesalahan etik dalam penyelenggaraan kepemiluan ataukah ada hal lain yang berkaitan dengan integritas yang bersangkutan selaku Ketua KPU,” pungkasnya.

 

Kepada Komisi II DPR RI, Ketua DKPP Muhammad menyampaikan, seluruh putusan di DKPP itu berasal laporan masyarakat. DKPP tidak akan memproses perkara etik penyelenggara Pemilu jika tidak ada laporan. “Jadi kalau ada putusan DKPP apakah itu pemberhentian ketua, pemberhentian sebagai anggota itu berasal dari laporan masyarakat yang harus kita periksa,” ujar Muhammad.

 

Selanjutnya, untuk lengkapnya jawaban terkait pemecatan Ketua KPU Arief Budiman, Muhammad menyatakan akan menyampaikan jawaban secara tertulis. Karena dalam kode etik DKPP melarang membahas putusan yang sudah dibacakan. (red)

Terbitkan Pada: 20 Januari 2021 by Corps News

BAGIKAN :
Share
Loading...
Loading...
Loading...
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat