CORPS NEWS

FAKTUAL DAN BERIMBANG

SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

RAB Pembangunan Drainase, Desa Sungai Tarap Dirubah, Setelah Wartawan Temukan Ada Dugaan Penyimpangan.

BAGIKAN :

IMG 20210112 115344
Surat berita acara perubahan yang di buat Kades Sei tarap

Corpsnews.com, Kampar Riau – Kepala Desa Sungai Tarap Khairil Anuar SHI diduga sengaja merubah data Rencana Anggaran Biaya proyek drainase di dusun 1 (Satu) alai desa Sungai Tarap kecamatan Kampa untuk mengelabui wartawan. Setelah Awak media  temukan pekerjaan proyek pembangunan Drainase ukuran panjang 50 Meter, ukuran besi yang digunakan, ada dugaan unsur sengaja memakai besi ukuran 10 mm RPS di lapangan, sedangkan dalam RAB tercantum anggaran besi 12 mm sebanyak 167 batang..

Hal ini terungkap sewaktu awak media mendatangi kantor kepala desa, dan  lansung diskusi dengan Kepala Desa (Khairil Anuar SHI) sekretaris Desa serta Ketua TPK, saat Awak Media menanyakan ukuran jarak besi, sekretaris lansung memperlihatkan RAB Drainase kepada tim awak media Corpsnews.com Senin 4 Januari 2021. Dalam RAB tersebut terlihat jelas besar Nya besi Drainase 12 mm  dan banyaknya besi 167 batang.

IMG 20210104 152323Karena ada perbedaan  ukuran dalam RAB 12 mm dengan Fisik dilapangan yang hanya 10 mm, sehingga Kepala Desa membuat berita acara perubahan RAB ukuran besi sesuai dengan hasil kesepakatan Kepala Desa dengan perangkatnya. Dan dana kelebihan uang besi akan di kembalikan ke kas Desa”, terang Kades

Senen, 11/1/2021 menurut keterangan Kepala Desa melalui pesan via whatshap dengan nomor 0812-1484-85XX sengaja mengirim berita acara perubahan ukuran besi yang sudah di anggarkan dalam Rancangan biaya drainase yang sudah  di rubah,

Loading...

Perubahan itu di tandatangani Kepala Desa dan Bidang pembangunan Desa sungai tarap. anehnya mengapa RAB kegiatan proyek tersebut dirubah setelah awak media menemukan ada kejanggalan di pelaksanaan  pembangunan drainase tersebut.

Saat di konfirmasi Awak Media Corpsnews.com, kepala Dinas PMD kampar Febrinaldi melalui via telpon seluler nya senin 11/1/2021 ke nomor: 0821-6919-52XX   menjelaskan bahwa,”Revisi RKP APBdes tidak ada, APBdes itu di tetapkan satu kali setahun dan perubahan nya satu kali dalam satu tahun dalam keadaan tahar, diikuti permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang keuangan desa, setahu saya perencanaan itu telah di atur dalam penyusunan RKP RAPBdes pada awal tahun, kalau ada peninjauan tentu di lihat keadaan nya apakah dalam keadaan bencana atau tidak, dan itu harus mengikuti mekanisme,”jelasnya.

Dengan adanya kejanggalan dalam pelaksanaan pembangunan Drainase yang dilakukan Kepala Desa sungai Tarap
Pihak pemerintah dan insfektorat bersama  Penegak hukum harus lebih serius mengawasi penggunaan dana desa di desa tersebut, sebab kalau di biarkan berlarut-larut maka anggaran dana Desa yang bersumber dari APBN bisa saja di selewengkan oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi. (D.Harahap/CCR)

Terbitkan Pada: 12 Januari 2021 by Corps News

BAGIKAN :
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat