SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
UMKM Pun Mampu Menyerap Tenaga Kerja. Kata Rustam Ali.

UMKM Pun Mampu Menyerap Tenaga Kerja. Kata Rustam Ali.

5

Corps News, Gorontalo – Usaha Mikro Kecil Dan Menengah pun mampu menyerap tenaga kerja.

Ditemui dilokasi pembuatan kopra putih, kopra hitam dan arang tempurung, Rustam Ali putra Lekobalo Kota Gorontalo yang sukses merintis usahanya Di Desa Tingkohubu Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango menuturkan pandangannya terkait peran UMKM dalam menyerap tenaga kerja. Senin (4/1/2021).

Menurutnya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah ini dianggap sebagai penyerap tenaga kerja paling banyak dibandingkan dengan badan usaha milik negara atau swasta lainnya.

Seperti diketahui, kata Rustam Ali, bahwa kebanyakan perusahaan kelas atas ketika membuka peluang kerja hanya terbatas pada orang yang berpendidikan tinggi saja.

Artinya, yang dibutuhkan hanyalah tenaga profesional, terampil yang ditunjang dengan pendidikan tinggi, yang kemudian secara tidak langsung, tidak memberikan kesempatan kepada mereka yang tidak memiliki pendidikan tinggi tanpa pekerjaan.

Beruntunglah, ucap Rustam Ali, dengan adanya Usaha Mikro Kecil dan Menengah, maka lapangan kerja terbuka lebih maksimal dan menyerap lebih banyak pekerja bahkan mereka yang memiliki pendidikan rendah.

Rustam Ali dalam wawancaranya dengan Media Corps News Gorontalo membeberkan bahwa usaha pembuatan kopra putih, kopra hitam dan arang tempurung miliknya, sudah memperkerjakan 30 orang tenaga kerja untuk membantu kegiatan usahanya.

“usaha ini saya rintis pertama kali hanya bermodalkan 5 juta rupiah. Itupun saat saya mau menjual hasil olahan ini ke kota, saya menggunakan sepeda butut sebagai kenderaan saya untuk menjumpai pembeli.  Itu semua saya jalani dengan sabar dan semangat yang tinggi, ujar Rustam Ali”.

Loading...

Kini Rustam Ali dengan kerja kerasnya, sudah mempekerjakan sebanyak 30 orang tenaga kerja.

Namun dibalik kesuksesan Rustam Ali dalam merintis usaha pembuatan kopra putih, kopra hitam dan arang tempurung hingga mampu merekrut 30 orang tenaga kerja yang notabene berasal dari Desa Tingkohubu, dirinya berencana akan menambah produksi dari usaha yang ia geluti.

Oleh karena itu, kata Rustam Ali, bantuan pemodal baik Pemerintah ataupun swasta yang ia butuhkan.

Semakin bertambah produksi kopra putih, kopra hitam dan arang tempurug tentu juga tidak lepas dari rekrutmen tenaga kerja yang lebih banyak, tutup Rustam Ali. (abduh hasan).

Loading...

 

BAGIKAN :
Share
Loading...
Loading...
Loading...
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat