SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Kisah Rustam Ali Merintis Usaha Pembuatan Kopra Dan Arang Tempurung

Kisah Rustam Ali Merintis Usaha Pembuatan Kopra Dan Arang Tempurung

70
Rustam Ali

Corps News, Gorontalo – Merasakan pahit getirnya dalam merintis usaha, kini Rustam Ali Warga Desa Tingkohubu Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone

Bolango sukses mengembangkan usaha Pembuatan Kopra Putih dan Arang Batok Kelapa (Arang Tempurung).

Kepada Corps News Gorontalo Minggu (27/12/2020), Rustam Ali menceritakan kisah perjalanannya menggeluti usaha Pembuatan Kopra Putih dan Arang Batok Kelapa (Arang Tempurung).

Awalnya kata Rustam, dengan bermodalkan uang 5 juta rupiah pada tahun 2010, dirinya memulai usahanya membeli biji kelapa kepada petani kelapa yang kemudian kelapa yang dibeli tersebut diolah menjadi kopra hitam. Disamping itu batok kelapanya diolah menjadi arang tempurung.

Hasilnya ujar Rustam, dijual kepada penampung kopra dan arang tempurung di Kota Gorontalo.

“bayangkan pak, waktu itu dengan menggunakan kenderaan sepeda butut saya pergi ke Kota untuk menjual kopra dengan arang tempurung. Kemudian dari hasil penjualan itu, keuntungan yang saya dapat saya gunakan untuk menambah modal usaha”.

Alhamdulillah bebernya, dengan keuletan dan semangat dalam berusaha, dirinya tidak lagi repot repot ke Kota dengan sepeda butut menjual hasil jerih payahnya.

Justru sekarang ini, kata Rustam, pembeli yang langsung datang ke tempatnya untuk membeli kopra dan arang tempurung dalam jumlah yang banyak.

Loading...

Dirinya juga menambahkan, selain kopra hitam dan arang tempurung, pembuatan kopra putih pun sudah saya kembangkan dalam usaha yang ia tekuni.

Bahkan kata Rustam, dengan berkembangnya usaha ini, dirinya mempekerjakan warga sekitar terutama warga yang kehilangan pekerjaan dikarenakan pembatasan aktifitas kemarin saat musibah Pandemi Covid 19 melanda.

Usaha Pembuatan kopra dan arang tempurung ini, dirinya berencana akan memperluas usahanya. Ini artinya usaha yang semakin meningkat, tenaga kerja juga otomatis bertambah, ujarnya.

“nawaitu saya ingin membantu warga yang tidak punya pekerjaan atau yang kehilangan pekerjaan“.

Loading...

Namun dilain pihak dirinya menyadari keterbatasan yang dimiliki. Oleh karena itu ia berharap kiranya Pemerintah dapat memberikan perhatian terhadap usaha yang ia tekuni saat ini, tutup Rustam Ali. (abduh hasan)

BAGIKAN :
Share
Loading...
Loading...
Loading...
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat