SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Pleno Pilkada Malaka Dimenangkan SN-KT, Roy Tei Seran: Kami Akan Tempuh Jalur Lain

Pleno Pilkada Malaka Dimenangkan SN-KT, Roy Tei Seran: Kami Akan Tempuh Jalur Lain

70
Pleno KPU Malaka

Corpsnews.com, Malaka – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malaka mengapresiasi penyelenggara Pilkada Kali ini, dikarenakan seluruh rangkaian kegiatan dari pemungutan suara pada tanggal 9 Desember 2020 hingga pleno tingkat PPK Kecamatan dan tingkat KPU Malaka pada tanggal 16 Desember 2020 tidak adanya sela kecurangan, baik dari Paslon SN KT ataupun paslon SBS WT. Rabu (16/12/2020)

“Pilkda Malaka berjalan secara efektif dan efisien, kerena tidak hasil perolehan suara setiap pasangan calon ditemukan adanya kecurangan, faktannya pada proses penghitungan suara dari setiap PPK Kecamatan semua saksi paslon tidak ada satupun yang memberikan keberatan tentang hasil perolehan suara kedua paslon di TPS”, beber Ketua Bawaslu Malaka.

Lanjut Petrus, dikatakan, hingga pleno kecamatanpun sama bahwa hasil perolehan suara kedua paslon semuanya diterima oleh saksi Paslon karena tidak  ada selisih perolehan suara paslon antara yang dipegang oleh PPK dan salinan yang diterima oleh Saksi Paslon, maupun pengawas pemilu dan pada Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten.

Menurut Bawaslu Malaka, tambah Petrus Nahak, terkait hasil perolehan suara yang sudah ditetapkan KPU Malaka, sudah dihitung secara terstruktur dan hasilnya sama.

“Hanya ada selisih sebagai kesalahan penjumlahan pada item seperti jumlah surat suara yang tidak digunakan, jumlah surat suara yang diterima termasuk cadangan”, ujar Ketua Bawaslu kepada media.

Petrus mendetailkan bahwa, kesalahan penjumlahan pada item seperti itu tidak mempengaruhi perolehan suara sah paslon dan kesalahan seperti itu langsung dibetulkan pada saat pleno ditingkat kecamatan maupun kabupaten.

“Jadi berdasarkan hasil pengawasn secara berjenjang tidak menemukan keberatan saksi kedua paslon mengenai selisih perolehan suara sah kedua paslon dan tidak ada masalah atua selisih”, terangnya Alumnus Unimor ini kepada awak media PrabuMedia.com,  Rabu 16 Desember 2020.

Pantauan media, Rapat Pleno berlangsung saksi 02 mengakui perolehan suara sah yang menjadi kemenangan Paslon 01 yanki paket SN KT dalam Pilkada Malaka dengan hasil unggulan suara sah sebanyak 984,

Loading...
Saksi Paslon 02 Roy Tei Seran

Namun saat pengesahan dokumen berita acara saksi 02 (SBS WT) keberatan untuk menandatangani dokumen tersebut. Hal ini menurut saksi 02, ada alasan lain

” Kami akan menempuh jalur lain,” kata Roy Tei Seran saat menjadi saksi di Pleno Terbuka KPU Malaka.

Terkait hal ini, ketua KPU Malaka, Makarius Bere Nahak mengungkapkan bahwa, memang Undang-Undang memberi ruang bagi pihak yang menolak hasil itu untuk membuktikan kebenarannya.

“Silahkan menuju MK (Mahkamah Konstitusi). Keinginan paslon menyelesaikan sengketa hasil pilkada melalui jalur peradilan MK memang patut diapresiasi. Setidaknya ada peningkatan kesadaran berdemokrasi bahwa setiap persoalan sengketa pemilu/pemilihan dibawa ke ranah hukum dan tidak dilakukan dengan gesekan dan ketidakpuasan yang tidak terarah”, pungkas Makarius Bere Nahak saat dihubungi PrabuMedia.com, Kamis (17/12/2020).

Loading...

Makarius juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi objek utama pemohon saat mengajukan gugatannya ke MK. Dasar gugatan bermuara pada dugaan kecurangan dalam pelaksanaan tahapan Pilkada hingga hari pemungutan suara yakni: Money politic (Politik Uang), pelibatan ASN, ketidaknetralan penyelenggara hingga manipulasi data.

“Menyikapi isu bahwa paslon yang akan mencari keadilan ke MK yakni silahkan. Setiap paslon punya hak untuk itu. Itupun harus memenuhi syarat formil. Pertama, batas waktu Syarat waktu pengajuan tidak melawati 3×24 jam dari penetapan hasil.  Legal standing (memenuhi syarat selisih suara 2 persen),” tutup Makarius Bere Nahak.

Sebagai informasi, dalam pleno yang digelar KPU Malaka, Rabu 16 Desember 2020, paslon SN-KT (01) unggul tipis atas paslon SBS-WT (02). KPU Malaka menetapkan Paslon SN-KT sebagai pemenang Pilkada Malaka dengan perolehan suara 50.890 dan paslon SBS-WT memperoleh suara 49906.

Reporter Fren/Frido

BAGIKAN :
Share
Loading...
Loading...
Loading...
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat