SELAMAT DATANG
MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Merespon Wabah Covid-19, Lanud Eltari Laksanakan Rapid Tes Gratis Pada 75 Mahasiswa STIKes Maranatha Kupang

6
Situasi rapid tes oleh Petugas dari Lanud Eltari Kupang pada Mahasiswa STIKes Maranatha Kupang.

Corpsnews.com, Kupang – Menanggapi Wabah Covid-19 yang semakin meningkat, Kampus STIKes Maranatha Kupang bekerjasama dengan Lanud Eltari Kupang melaksanakan rapid tes gratis bagi 75 mahasiswa Ners yang akan turun praktek pada beberapa Rumah Sakit di Kota Kupang, ditambah 6 orang Dosen. Sabtu, (21/11/2021).

Hadir juga dalam giat rapid, Ketua Pembina Yayasan Maranatha NTT Drs. Samuel Sellan
Wakil Ketua 1 Muhhamad Saleh Nuwa, S.Kep.Ns,M.Kep’
Ka prodi Ners Ni Made Merlin, S.Kep.,Ns.,M.Kes Juga beberapa dosen dan seluruh mahasiswa Ners yang bersiap Mengikuti Praktek turut ikut di rapid.

Kolonel Pnb Bambang Juniar Djatmiko DanLanud El Tari Kupang menyampaikan bahwa Kegiatan rapid Tes ini merupakan wujud nyata TNI dalam Menolong Masyarakat yang membutuhkan. “Kita selalu ingin berbuat atau membantu Saudara Kita yang membutuhkan bantuan kita terutama di masa pandemi ini” Demikian hari ini dilaksanakan di kampus STIKes Maranatha Kupang, Jl. Kamp. Bajawa Nasipanaf-Baumata Barat – Kabupaten Kupang.

Menurut ‘Muhammad Saleh Nuwa, S.Kep.Ns,M.Kep’ selaku Wakil Ketua 1 STIKes Marantha Kupang menjelaskan bahwa tujuan rapid tes ini bagi Mahasiswa adalah untuk Skrining awal/deteksi dini Corona Virus yang pada Mahasiswa Ners yang akan melakukan praktik profesi, khususnya di Rumah Sakit. artinya mereka tidak membawa virus ke lahan praktik dengan adanya skrining ini. “Klien di rumah sakit semuanya sudah sakit, kita jangan menambah beban dengan mengirimkan mahasiswa yang berisiko.

Dengan hal demikian maka semua mahasiswa wajib sehat, wajib menggunakan alat pelindung diri level 2. Bagi peserta yang reaktif Covid-19, TIM akan langsung melakukan serangkaian penanganan. Kalau hasilnya positif akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab oleh TIM dari Rumah Sakit Angkatan Udara El Tari Kupang.” Tambahnya.

Seusai kegiatan ini, Letu widodo Amd.Kep yang juga Mengkoordinir tim dari rumah Sakit AU Kegiatan rapid menyampaikan bahwa Dari total 75 mahasiswa dan 6 dosen yang di rapid semaunya menunjukkan hasil non reaktif, berarti bahwa semuanya sehat, bisa untuk turun Lapangan.
” kegiatan ini adalah mandat dari Komandan Lanud Yang mana sebagai tindakan Kepedulian pelayanan terhadap masyarakat
Yang dilakukan di sini tadi adalah rapid cepat, sehingga hanya butuh 10-15 menit saja sudah dapatkan hasilnya.

Widodo menambahkan, alhamdulilah semuanya nonreaktif, tetapi juga kami tetap antisipasi, jika kemudian ada yang reaktif kami akan siap menindaklanjuti dengan Swab di RS TNI Angkatan Udara.” (tim).

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat