SELAMAT DATANG
MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Bawaslu: Jangan Sampai Ada Panwascam Yang Dipukul, Dihina Bahkan Ditendang

Bawaslu: Jangan Sampai Ada Panwascam Yang Dipukul, Dihina Bahkan Ditendang

88

Corpsnews, Jakarta – Badan Pengawas Pemilihan Umum melalui Anggota Bawaslu Rahmat Bagja meminta Bawaslu daerah melindungi pengawas di lapangan yang terkena intimidasi, meskipun itu bagian dari risiko pekerjaan pengawasan. Jika ditemukan, dia perintahkan kejadian tersebut dijadikan temuan kemudian dilaporkan ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Jangan sampai nanti ada Bawaslu kita, panwascam kita yang dipukul, dihina bahkan ditendang tanpa ada pembelaan dari bapak ibu. Jika ada kejadian langsung jadikan koordinasikan melalui Sentra Gakkumdu,” kata Bagja saat Penutupan Rakornas Pengawasan Pilkada 2020 di Jakarta, Minggu (15/11/2020).

Baca Juga: Bawaslu Kabupaten/Kota Tak Boleh Tolak Cakada Ajukan Sengketa

Dia menyarankan kepada Bawaslu daerah untuk menggunakan UU Pemilu dalam menangani pelanggaran itu. Alasannya, orang yang mengintimidasi telag menghalang-halangi tugas pengawasan.

“Panwascam kita harus dilindungi memang tugas kita merupakan tugas yang nyerempet bahaya, maka itu jika ada temuan jadikan laporan,” tegas alumnus Universitas Indonesia (UI) itu.

Selain itu Bagja juga berpesan agar semua anggota Bawaslu daerah dapat mengisi laporan hasil pengawasan (Form A). “Jangan sampai ada laporan dalam form A nihil. Laporan hasil pengawasan adalah kejadian ditempat perkara baik atau buruknya,” pinta Bagja.

Sebagai informasi, Rakornas Pengawasan Pilkada 2020 dilaksanakan dengan tiga gelombang yang diikuti secara daring dan tatap muka. Rakornas tersebut juga menampilkan perspektif dari berbagai nara sumber baik penyelenggara pemilu ataupun penggiat pemilu seperti Perludem, KIPP, Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD), Lingkar Madani (Lima), Tepi, dan lain sebagainya. (bawaslu)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat