Hadapi Bencana Alam, Manuver Lapangan Jadi Puncak Latihan Gulben Yonmarhanlan

Hadapi Bencana Alam, Manuver Lapangan Jadi Puncak Latihan Gulben Yonmarhanlan

67

CORPSNEWS.com, Papua – Yonmarhanlan X gelar laksanakan manuver lapangan latihan terpadu penanggulangan bencana alam yang dibagi menjadi empat lokasi, yaitu di perairan Teluk Yos Sudarso Jayapura, Pantai Hamadi, Lapangan Tembak Lantamal X dan lapangan Trisila Lantamal X menjadi spot latihan dan berjalan sukses. Minggu (08/11/2020).

Sebanyak dua ratus personel terlibat langsung dalam latihan parsial ini, terdiri dari prajurit Satrol Lantamal X, Yonmarhanlan X, Diskes Lantamal X, Pomal Lantamal X dan Mako Lantamal X. Serta pengerahan unsur-unsur pendukung latihan, diantaranya KRI Madidihang-855, KAL Kalakay, KAL Lakahia, 2 unit sea rider, 1 unit swamboat, 2 perahu karet, kendaraan angkut 4 unit truk, 3 ambulance, 1 mobil Patwal Pomal dan 2 set alat selam.

Baca Juga: Yonmarhanlan x Ikuti Pembekalan Penanggulangan Bencana Alam

Pada skenario latihan, disimulasikan Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho ditunjuk dan mendapatkan Direktif langsung dari Panglima TNI sebagai Pangkogasgabpad untuk melaksanakan Operasi Penanggulangan Bencana Alam gempa bumi dan tsunami di wilayah Jayapura dan sekitarnya.

Kemudian selaku Pangkogasgabpad, Laksma Yeheskiel menunjuk Wadan Lantamal X Kolonel Marinir Daniel Kreuta sebagai Kaskogasgabpad serta membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Alam. Yang terdiri dari Satgas SAR Evakuasi, Satgas SAR Laut, Satgas Kesehatan dan Satgas Penanganan Pengungsi.

Selanjutnya Satgas yang dibentuk mendirikan Posko guna memudahkan dalam opersioanal dan koordinasi selama proses Searce and Rescue.

Untuk mematangkan pelaksanaan SAR, Letkol Mar Rian Malfi M.Tr Opsla (Danyonmarhanlan X) selaku Dansatgas Evakuasi menyusun rencana operasi (RO) dengan dua opsi cara bertindak, yaitu melaksanakan SAR dan evakuasi lewat darat dan yang kedua melaksanakan SAR dan evakuasi lewat laut.

Setelah melalui data informasi serta analisa yang didapat tim Satgas evakuasi, diketahui bahwa Kampung Skouw Sae yang terdampak bencana sangat parah, tidak bisa ditembus dengan jalan darat, dikarenakan beberapa jembatan dan jalan yang terhubung di kampung tersebut terputus dan longsor.

Loading...

Dengan menggerakan berbagai macam unsur laut yang dimiliki Yonmarhanlan X dan Lantamal X pelaksanaan evakuasi dan SAR di Kampung Skouw Sae pun dimulai. Mirip dengan operasi pendaratan perang, para prajurit Yonmarhanlan X yang bertugas sebagai SAR evakuasi beserta Satgas Kesehatan dengan perahu karet yang dimiliki berhasil mendarat di pantai Skouw Sae. Satgas evakuasi dan kesehatan menemukan beberapa korban, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Bagi korban yang selamat, setelah mendapatkan perawatan dan pengobatan ditempatkan di Posko pengungsian bersama para pengungsi yang lain dan dipusatkan di Lapangan Trisila Lantamal X.

Diharapkan dengan diadakannya latihan terpadu penanggulangan bencana alam ini, prajurit Yonmarhanlan X dapat melatih kemampuan serta kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam jika sewaktu-waktu terjadi sesuai dengan standar operasional dan prosedur yang berlaku. (*)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat