SELAMAT DATANG
MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Berbusana Adat Malaka, Sis PSI Bakiruk Deklarasikan Kemenangan Paslon SN-KT

Berbusana Adat Malaka, Sis PSI Bakiruk Deklarasikan Kemenangan Paslon SN-KT

Malaka, Corpsnews – Kaum perempuan dalam partisipasi politik Pilkada Malaka 2020 kali ini banyak terlibat seperti layaknya kaum pria yang mana tidak asing dalam politik praktis.

Emansipasi wanita dalam kegiatan politik mulai nampak lebih antusias jika dibandingkan dengan Pilkada Malaka kali lalu pada tahun 2015. Di paket SN-KT (Simon Nahak – Kim Taolin) ada sebuah komunitas perempuan yang dinamakan Sis PSI. Tidak mau kalah dengan kaum pria, ribuan perempuan itu ikut berkampanye untuk memenangkan Paslon SN-KT.

Terdata, jumlah mereka sudah mencapai angka belasan ribu. Komunitas perempuan pendukung SN-KT itu dipimpin oleh Ceicilia Bere Buti, istri dari calon wakil bupati Malaka, Kim Taolin.

Kehadiran kaum perempuan dalam politik praktis kali ini menjadi warna tersendiri dalam proses Pilkada, untuk mencari pemimpin yang baik dan benar di kabupaten Malaka. Partisipasi kaum perempuan ini mempunyai dampak yang baik dalam edukasi politik yang elegan dan bermartabat.

Terpantau, kaum perempuan yang menamakan diri Sis PSI itu dengan sukarela mengobarkan waktu dan biaya sendiri untuk giat kampanye paslon SN-KT. Saking  simpatinya pada sosoke Simon Nahak dan Kim Taolin, mereka rela meninggalkan kegiatan rutin sebelumnya untuk melakukan kampanye bersama paslon SN-KT.

“Kami datang dan bergabung dengan tulus ikhlas tanpa adanya tekanan. Kami kaum perempuan juga memiliki hak yang sama dengan kaum pria. Alasan inilah yang mendorong nurani kami untuk bergabung bersama sis PSI. Kami mengharapkan perubahan dan kemajuan kaum perempuan di kabupaten Malaka, lewat tangan kasih Simon Nahak dan Kim Taolin,” ungkap Yunita Tahu, Koordinator lapangan sis SN-KT, (01/11/2020).

Tiap hari, banyak dukungan datang dari kaum perempuan untuk Paslon SN-KT lewat komunitas Sis PSI. Terpantau, di desa Bakiruk, kecamatan Malaka Tengah, puluhan kaum perempuan yang didominasi oleh ibu rumah tangga deklarasikan Kemenangan Paslon SN-KT.

Berbaju warna merah dipadu kain tenun ikat khas Malaka, Sis PSI dipimpin oleh Ceicilia Bere Buti deklarasikan dukungan untuk Paslon SN-KT. Dengan semangat perubahan dan misi pemberdayaan perempuan, kaum bernada sopran itu memekikkan perubahan dan Kemenangan Paslon SN-KT.

Loading...

“Kami kaum perempuan juga memiliki hak dan pemerintah berkewajiban untuk memberdayakan kami dalam segala aspek kehidupan, termasuk urusan politik dan sebagainya,” kata Ceicilia Bere Buti kepada Corpsnews (01/11/2020).

Menurut istri Kim Taolin, visi mereka yang tergabung dalam kelompok Sis PSI adalah perubahan dan perjuangan emansipasi wanita.

“Kata mereka, pak Simon Nahak dan Kim Taolin adalah sosok yang tepat untuk mewujudkan mimpi dan harapan kami. Untuk itu, dengan jumlah yang sudah belasan ribu ini, kami bertekad untuk memenangkan Paslon SN-KT,” tambah mantan staf Bank Danamon Atambua itu.
(A. Leong)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat