SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Tersangka Kasus Pengeroyokan Wartawan Belum Di Tahan,  Kuasa Hukum: Polisi Harus Netral

Tersangka Kasus Pengeroyokan Wartawan Belum Di Tahan, Kuasa Hukum: Polisi Harus Netral

70

Corpsnews.com, Malaka – Terkait kasus pengeroyokan terhadap Wartawan media syber gardamalaka.com, Yohanes Seran Bria alias Bojes, Tim Kuasa Hukum meminta Polisi (Polres Malaka) harus berlaku netral dan serius menangani kasus tersebut.

“Polres Malaka harus netral dalam menangani perkara pengeroyokan terhadap Wartawan gardamalaka.com. Kami sebagai Tim Penasihat Hukum telah memenuhi semua permintaan Penyidik dan melaksanakannya sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku,” ujar Yulianus Bria Nahak, S.H., M.H kepada media, Minggu (1/11/2020).

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan pernyataan Kasat Reskrim Polres Malaka beberapa waktu lalu mengenai alat bukti tambahan, yaitu Video Rekaman sudah diserahkan Tim Kuasa Hukum kepada penyidik.

“Permintaan Kasat Reskrim bahwa video rekaman harus diserahkan oleh Tim Penasihat Hukum agar Penyidik bisa melakukan perbandingan video yang beredar di sosial media dengan video yang asli, itu sudah kami serahkan kepada penyidik,” beber dia.

Baca Juga: Desk Pilkada Malaka Cacat Formil Dan Diduga Sarat Kepentingan Bawaslu Diminta Tegakan Aturan

Selanjutnya, menurut Yulianus, pihaknya menyerahkan perkara ini kepada Polres Malaka untuk melakukan perbandingan video dan segera memanggil Tersangka untuk diperiksa dan ditahan.

Pihaknya juga meminta agar kasus ini tidak dikaitkan dengan situasi politik saat ini.

“Kami minta agar Polres Malaka jangan mencampur perkara ini dengan situasi atau keadaan politik sekarang. Karena perkara ini merupakan tindak pidana umum sehingga Polres Malaka harus serius dan netral menanganinya,” tegas Yulianus.

Loading...

Ia menjelaskan, video yang diminta oleh Kasat Reskrim tersebut hanya sebagai bukti penunjuk untuk mempertimbangkan dan membandingkan video yang sedang viral di media sosial.

“Sehingga kami minta agar Polres Malaka, harus netral dalam menangani perkara ini. Dan kami sudah yakin bahwa dalam waktu dekat Penyidik akan memanggil Tersangka untuk diperiksa dan ditahan karena sudah sangat cukup bukti,” ujarnya.

Tim Kuasa Hukum pun meminta agar Polres Malaka bekerja sesuai dengan prosedur, dan jangan tebang pilih dalam perkara ini.

“Mengingat bahwa pekerjaan klien kami wajib mendapatkan perlindungan hukum oleh penegak hukum sebagaimana diatur dalam undang-undang nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, maka wajib hukumnya klien kami harus mendapatkan perlindungan hukum,” pungkas Yulianus.

Loading...

Sebelumnya, Ketua DPW PWOIN NTT, Johanes Yoseph Henuk (Jhon) telah menulis surat kepada POLRI, Sabtu (30/10) dan menyerukan dengan tegas agar POLRI melalui Polres Malaka secepatnya menahan ketiga tersangka, yaitu Raymundus Seran Klau, Sergius Fransiskus Klau, dan Yohanes Seran.

“Jika tidak maka kasusnya harus diambil alih oleh Polda NTT sebagai institusi Kepolisian wilayah yang membawahi Polres,” tegas Jhon Henuk. (Tim/Red)

BAGIKAN :
Share
Loading...
Loading...
Loading...
SELAMAT DATANG
DI MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat