SELAMAT DATANG
MEDIA CORPS NEWS
FAKTUAL DAN BERIMBANG

Sebanyak 175 Mahasiswa STIKes Maranatha Kupang Diberi Kesempatan Mingikuti RPL

4
Foto Gedung STIKes Maranatha Kupang.

Corpsnews.com, Kupang – Sebanyak 175 Mahasiswa STIKes Maranatha Kupang Mendapat kesempatan Mengikuti Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Bagi Mahasiswa Dan Pengembangan Kapasitas Institusi Penyelenggara Pendidikan Akademik Secara Daring.
Di Daerah Tertinggal Pada Masa Pandemik Covid-19 yang merupakan misi dari Program Kampus Merdeka Oleh DIKTI, sebanyak 7 Dosen STIKes Maranatha Terlibat Sebagai Pembimbing.(24/10/2020)

Mahasiswa yang mengikuti RPL ini adalah mereka yang memang sudah di seleksi dan semuanya merupakn mahasiswa semester III, V, Dan VII, prodi keperawatan STIKes Maranatha Kupang.

Kepada media, Ketua STIKes Maranatha Kupang Stefanus M.Kiik, S.Kep. Ns.,M.Kep.,Sp. Kep.Kom’ menyampaikan Gambaran Yang didapat dari penandatanganan Kontrak Pelaksanaan Pekerjaan Program Fasilitas RPL dan hal-hal yang akan di dapat dari oleh Kampus STIKes Maranatha.

“Kita bersyukur bahwa STIKes Maranatha Kupang terpilih sebagai salah satu penerima hibah ini yang ditandai dengan kontrak antara kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi dengan STIKes Maranatha Kupang Nomor 22/BAPT1/RPL/Belmawa/2020 tentang perjanjian kontrak pelaksanaan pekerjaan program Fasilitas RPL bagi Mahasiswa dan Pengembangan kapasitas Institusi penyelenggara pendidikan Akademik secara daring di Daerah tertinggal pada masa pandemi COVID-19 Tahun 2020. Hal ini berarti bahwa 175 mahasiswa kita bisa belajar di Universitas Prof Dr. Hamka secara gratis, anak-anak kita mendapatkan kesempatan langka untuk mendapatkan kesempatan belajar di tempat lain dengan nuansa yang berbeda.” Ungkap Stefanus Kiik (ketua STIKes Maranatha Kupang)
HAL-HAL YG DIDAPATKAN dr kegiatan ini adalah:
1. Adanya LMS di kampus kita
2. Terimplementasinya Kampus Merdeka
3. Mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di Kampus lain
4. Implementasi SKPI
5. Adanya Dokumen Kontrak
6. Dosen Mendapatkan Pengalaman Pembuatan Modul

Pada tanggal 25 sampai tanggal 30 september 2020 sudah dilakukan sosialisasi program RPL oleh Belmawa, saat ini sedang masuk pada fase penandatanganan kontrak, tetapi untuk proses perkulihan minggu kemarin STIKes Maranatha sudah lakukan pembelajaran perdana, Senin (26/10/2020) akan dilakukan orientasi akademik program fasilitas RPL bagi mahasiswa untuk pembelajaran daring antara STIKes maranatha kupang dengan Universitas muhamadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) Jakarta. Selanjutnya perkuliahan akan berlangsung selama 1 semester, dan juga 50 Mahasiswa UHAMKA Belajar Bersama 175 mahasiswa STIKES Maranatha kuoang dalam kegiatan ini. Ada 5 mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa yaitu sejarah kontemporer ,Ilmu Gizi Dasar, Matematika, Geometri analitik Dan E-Aplikation.

Muhammad Saleh Nuwa, S.Kep.Ns,M.Kep ‘Wakil Ketua 1 STIKes Maranatha yang juga penanggung jawab Kurikulum, kepada media Menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari prohram kampus merdeka atau merdeka belajar bagi mahasiswa. Tujuannya agar mahasiswa Mampu Mengikuti Pembelajaran Di kampus Lain, dan Juga Ini adalah Model dari pembelajaran ditengah situasi Pandemi Covid-19, dan Proses pembelajaran di pendidikan tinggi sudah harus mampu bergeser dari proses pembelajaran tradisional ke semi daring, ke pembelajaran daring, hingga ke pembelajaran digital untuk menyiapkan mahasiswa belajar dengan sistem cerdas (Intelligent Learning)

STIKes Maranatha sebagai salahsatu Kampus Di Daerah yang di tunjuk Oleh DIKTI sebagai Kampus PTDT/ kampus yang berada di daerah tertinggal di Indonesia disenergikan Dengan Kampus PT Mitra yaitu Unuversitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA, Jakarta, dalam kegiatan ini memiliki peran masing-masing untuk mensukseskan kegiatan ini.

peran PT mitra adala menyusun mata kuliah yang siap di ajarkan, PT Mitra Juga membantu merancang E-Learning managemen sisitem, dan Peran dari PTDT untuk PT Mitra Ialah membantu menyiapkan mahasiswa, dan Berperan aktif membantu PT Mitra untuk merancang E-Learning Managemen Sistem di STIKes Maranatha Kupang

Loading...

Saleh Nuwa menjelaskan mekanisme dan manfaat yang di dapat dari Mahasiswa, dosen, dan Kampus.
“dimana program ini Memberikan kesempatan pada mahasiswa perguruan tinggi di daerah tertinggal untuk mengambil mata kuliah secara daring di PT mitra melalui mekanisme transfer kredit (mahasiswa mengambil mata kuliah yang ada dalam kurikulum program studinya atau mahasiswa mengambil mata kuliah diluar kurikulum program studinya dalam rangka pengkayaan kompetensinya), dan nilai yang akan di dapat akan masuk pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) jika mata kuliahnya berbeda. Bagi dosen lembimbing
Memberikan kesempatan pada dosen perguruan tinggi di daerah tertinggal untuk belajar bersama dengan dosen pada PT mitra pada mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa, terutama dalam merancang modul pembelajaran daring. Bagi institusi pendidikan selain kita mendapatkan kerjasama dalam bidang pendidikan kita juga mendapatkan kesmpatan untuk merancan sistem pembelajaran daring (Learning Managemen Sistem).”Tutup Muhammad saleh Nuwa

*JR/Fiand*

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat