Menggali Potensi Desa, Team Rajawali Ekonomi Pedesaan Konsolidasi Bersama Kades Gunungsari

Menggali Potensi Desa, Team Rajawali Ekonomi Pedesaan Konsolidasi Bersama Kades Gunungsari

64

Video Diskusi Arif Cahyadin bersama Kepala Desa Gunungsari Susandi

Corpsnews, Tasikmalaya – Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan peraturan Desa.

Badan usaha milik desa (Bumdes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.

Ingin menggali potensi Desa Gunungsari, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, Arif Cahyadin seorang Pemuda, Pengawas koperasi  menggelar diskusi bersama Kepala Desa Gunungsari Susandi. Selasa,  (27/10/2020)

Kepada Kades Arif Cahyadin mengutarakan bahwa Rajawali ekonomi Pedesaan adalah sebuah wadah sosial yang khusus memiliki mandat untuk mengangkat data UMKM Tingkat Desa.

Lanjut Arif Cahyadin saat ini ekonomi kerakyatan perlu dijalankan untuk penguatan ekonomi masyarakat agar bisa menjadi ketahanan pangan untuk mendorong berjalannya program koperasi.

Lain dengan pandangan dari pihak kepala desa Gunungsari diantaranya bahwa dalam pengelolaan desa di derahnya akan mengoptimalkan sumber daya alam yang ada di wilayahnya.

Loading...

“Kami akan mengoptimalkan sumber daya alam yang ada seperti mengolah tanah yang ada di desa serta menggali potensi yang ada, diantaranya budidaya ikan jaer gesit sebagai pilot projek utama kami walaupun masih terbatas sekitar 30 kolam,”ujar Susandi.

Lanjut Susandi menambahkan, setelah komunikasi dengan pihak penggarap atau yang pemilik kolam bahwa setiap panen 3 kolam atau 4 kolam sudah bisa menghasilkan nilai bersih 1 juta sehingga kedepannya akan lebih mengembangkan budidaya ikan tersebut agar lebih maju dan berkembang.

Menanggapi komentar Arif Cahyadin tentang permintaan pasar? lalu pihak Kepala Desa menjawab katanya “sangat banyak  permintaan pasar.”

Kades Susandi juga menjelaskan tentang potensi Desa Gunungsari dalam mengelola Usaha Desa nya, juga tantangan menghadapi musim kemarau.

Loading...

“Keunggulan dari desa kami kenapa kami harus mengembangkan budi daya ikan jaer gesit karena permintaan pasar sangat mendukung, dan disini juga dalam pengelolaan budidaya ikan jaer gesit ini mengalami kendala ketika musim kemarau maka kami juga sudah menyiapkan alternatif lain yaitu dengan system biopok. Kolam instan dengan terpal bentuknya bulat.” papar Kades Gunungsari.

Terakhir hasil dari diskusi tersebut Arif Cahyadin dengan kepala desa Gunungsari tersebut sepakat menjadikan Produksi UMKM, Pedesaan jadi produk primadona di pasar Nasional bahkan international. (Kostaman)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat