Edward Tanur, Anggota DPR RI Fraksi PKB Pemerhati Kaum Tani di Kabupaten Malaka

Edward Tanur, Anggota DPR RI Fraksi PKB Pemerhati Kaum Tani di Kabupaten Malaka



Malaka, Corpsnews – Bernama lengkap Edward Tannur,SH pria kelahiran Atambua 12 Februari 1961 itu kini menjadi primadona kaum tani di Kabupaten Malaka. Anggota DPR RI Fraksi PKB daerah pemilihan NTT 2 itu giat menyalurkan aspirasi masyarakat petani kabupaten Malaka, dengan memberikan alsintan dari Kementrian Pertanian, melalui komisi Komisi 4, yang salah satu bidangnya adalah Pertanian.

Tercatat dan terlaksana, sejak dilantik menjadi legislator perwakilan PKB NTT di Senayan, Edward Tannur sudah merealisasikan aspirasi Petani Malaka dengan memberikan dukungan alat pertanian. Ada pun alsintan itu berupa, 3 unit alat berat pemotong padi (Combain), 8 unit mesin perontok padi dan jagung, 3 unit traktor balik tanah beroda empat, serta 2 mesin pemompa air. Semua bantuan Alsintan itu diberikan kepada kelompok tani, yang sebelumnya mengajukan proposal ke kementerian pertanian, melalui Edward Tanur.

Terpantau , Selasa 27 Oktober 2020, di depan kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP), sebanyak 3 unit traktor balik tanah beroda empat dan 8 unit alat perontok padi dan jagung dibagikan ke kelompok tani.

“Semua bantuan alat Alsintan ini diupayakan oleh pak Edward Tannur melalui Kementerian Pertanian untuk masyarakat petani kabupaten Malaka. Alat ini nantinya dikelola oleh kelompok tani yang bertanggung jawab atas bantuan itu,” terang Fridolinus Fouk, staf khusus DPR RI Edward Tannur, saat diwawancarai wartawan , (27/10/2020).

Sementara itu Agustina Moi salah satu Ketua kelompok tani yang mendapatkan traktor roda empat kepada media ini menyampaikan terima kasih untuk Edward Tannur.

“Terima kasih pak Edward Tannur, traktor sudah ada dan kami sudah terima. Ke depan alat ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin untuk perluasan lahan pertanian kelompok kami, demi terciptanya masyarakat Malaka yang sejahtera dan makmur,” ungkap Agustina Moi saat menerima bantuan Alsintan kementerian pertanian melalui anggota DPR RI Edward Tannur.

Ditemui di Weleun Desa Bakiruk Kecamatan Malaka Tengah, tepatnya di sekretariat Paslon SN-KT (Simon Nahak – Kim Taolin), Edward Tannur mengatakan bahwa, Malaka adalah tanah yang subur. Oleh karena itu, kata Edward, dirinya sebagai putera asli Timor khususnya Malaka merasa terpanggil kembali untuk memperhatikan kabupaten Malaka.

“Saya adalah anak Malaka asli. Leluhur saya orang Malaka, untuk itu saya kembali dan sering datang ke Malaka untuk mendengar, melihat dan merasakan aspirasi masyarakat terkait pertanian. Kebetulan saya di komisi 4 DPR RI yang salah satu bidangnya adalah Pertanian,” kata mantan Pembina Pemuda Katolik (PMKRI) TTU itu datar.

Edward Tannur menjelaskan, sejak dirinya dilantik menjadi anggota DPR RI Fraksi PKB, kabupaten Malaka adalah daerah yang sering dikunjungi, selain kabupaten TTU. Anggota DPR RI bergelar akedemik Sarjana Hukum itu mengatakan bahwa dirinya merasa betah di Malaka.

Terkait Pertanian di kabupaten Malaka, Edward Tannur mengatakan bahwa Petani Malaka harus dibekali dengan Alsintan yang bagus agar mempercepat proses penanaman dan memudahkan saat panen. Untuk itu, Edward Tannur berjanji akan tiba saatnya, seluruh kelompok tani di Malaka akan mendapatkan alsintan itu.

“Untuk sekarang bantuan Alsintan masih di sekitaran Malaka Tengah. Nanti di tahun berikutnya, mungkin semua kecamatan akan kita upayakan. Tapi ingat, Bupati harus Simon Nahak dan wakil Bupati Kim Taolin. Mengapa? Ya biar komunikasi politiknya bisa cair,” katanya sambil tersenyum.

Lanjut Edward, kabupaten Malaka menurutnya masih hidup dalam kesulitan. Untuk hal itu Edward Tannur akan berupaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat lewat pertanian.

“Saya lihat Malaka ini masih susah. Untuk itu kami bersama partai PSI, Perindo dan PKB sepakat mengusung paket SN-KT. Mereka berdua calon pemimpin yang sangat memperhatikan aspirasi masyarakat karena menjadi pemimpin itu harus melayani masyarakat, bukan untuk mencuri uang rakyat,” ujarnya tegas.
(Querido)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat