Kategori
Kesehatan

Yayasan Tanpa Batas Bersama Puskesmas Naibonat Gelar Pelatihan Bagi Kader Di Tingkat Desa/Kelurahan

70
Yayasan Tanpa Batas Bersama Puskesmas Naibonat Gelar Pelatihan Bagi Kader Di Tingkat Desa/Kelurahan

Corpsnews, Kupang – Demi mengurangi gangguan penglihatan dan kebutaan yang efektif dan inklusif Yayasan Tanpa Batas (YTB) bersama dengan Puskesmas Naibonat mengadakan kegiatan pelatihan bagi Kader desa/kelurahan tentang gangguan penglihatan, Rabu (14/10/2020).

Pelatihan ini melibatkan 10 kader yang berasal dari 4 Desa dan 1 Kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Naibonat yakni: Desa Manusak, Pukdale, Nunkurus, Oelatimo dan Kelurahan Naibonat dan dilaksanakan di Puskesmas Naibonat.

Pelatihan bagi kader ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan perawat yang sudah dilakukan oleh Yayasan Tanpa Batas.

Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kapasitas kader kesehatan tentang Penanggulangan Gangguan Penglihatan dan Kebutaan di masyarakat.

Melkianus Laiskodat, selaku Koordinator Lapangan Yayasan Tanpa Batas di Kabupaten Kupang, dalam sambutannya menekankan kader merupakan ujung tombak dari program ini, sehingga harus ada penguatan pengetahuan.

“Kami mohon dukungan dari ibu kepala puskesmas, perawat dan kader kiranya program ini menjadi bagian dari niat baik kita untuk masyrakat”. Tambah Pria yang disapa Mel ini.

Beliau juga berharap semoga kader yang mengikuti pelatihan nantinya dapat mengetahui masyarakat yang mengalami ganguan penglihatan dan dapat dirujuk ke puskesmas sehingga puskesmas akan melakukan pemeriksaan lanjutan sehingga dan melakukan rujukan ke rumah sakit yang mempunyai layanan untuk mata

Adriana Bety, selaku Kepala Puskesmas Naibonat dalam sambutanya menyampaikan Terima kasih kepada Yayasan Tanpa Batas yang sudah mengadakan kegiatan baik pada dokter, perawat hingga kader pada saat ini karena pelatihan mengenai program kesehatan mata belum ada

Loading...

“Beberapa alat pemeriksaan mata juga suda kami siapkan seperti alat screening sehinga masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk dirujuk hanya untuk melakukan scrining karena di Puskesmas sudah bisa dilakukan”. Tambah Kapus Naibonat.

Beliau juga turut menegaskan bahwa dua bulan terakhir ini akan mencoba memulai melakukan screening pada anank-anak bahkan orang dewasa dan pada tahun depan dilakukan evaluasi terkait program ini sehinga apa yang harus kita perbaiki dan dipertahankan akan menjadi masukan agar perjalan program ini lebih baik kedepannya

Febry Lima, S.Kep, Ns selaku Perawat di Puskesmas Naibonat yang menjadi narasumber pelatihan menyampaikan terimakasih kepada YTB karena sudah membuat kegiatan pelatihan gangguan penglihatan kepada kader kesehatan.

“Melalui pelatihan ini kader-kader menjadi tahu baik dari segi pengetahuan dan pelaporan nanti kepada Puskesmas”. Tegas Perawat ini.

Loading...

Kegiatan ini diakhiri dengan pemaparan materi mengenai edukasi kesehatan mata, menjaga kesehatan mata, pemeriksaan mata dengan metode hitung jari dan peran kader oleh Febry Lima, S.Kep, Ns selaku Perawat Mata Puskesmas Naibonat.

Pewarta Yohan/corpsnews.com

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...