Kategori
Berita

Kunjungi Umanen, Cawabup Belu Aloysius: Kesehatan Gratis Program Prioritas Paket Sehati

73
Kegiatan kampanye Calon Wakil Bupati Belu Paket Sehati Aloysius Haleserens Di Kelurahan Umanen. (Foto: RRI)

Corpsnews, Belu – Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 sudah di depan mata, pada perhelatan pesta demokrasi 5 tahunan ini tak terkecuali, Kabupaten Belu yang adalah Gerbang Perbatasan Republik Indonesia dan Republic Democratic Timor Leste (RDTL) ikut melaksanakan pesta demokrasi 5 tahunan ini.

Para kandidat mulai mengadu gagasan dan juga strategi untuk meraih kepercayaan rakyat dengan terus melaksanakan sosialisasi kunjungi basis – basis masyarakat mengkampanyekan program – program para pasangan calon.

Tak ketinggalan Kandidat pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Belu nomor Urut Dua Agustinus Taolin dan Aloysius Haleserens dengan takeline “Paket Sehati”, juga terus dengan semangat melaksanakan kampanye dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Pada Kegiatan kampanye hari ke lima belas Calon Wakil Bupati Belu Paket Sehati Aloysius Haleserens mengunjungi  Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat. Sabtu, (10/10/2020).

Pada kunjunganya dan kampanye tatap muka tersebut, Aloysius Haleserens, Calon Wakil Bupati Belu Paket Sehati mengulas 5 program unggulan Paket Sehati meliputi bidang kesehatan, Pendidikan, Infrastruktur, peternakan dan reformasi Birokrasi.

Dalam paparannya, Cawabup Aloysius menjelaskan, bidang kesehatan menjadi program prioritas Paket Sehati. Hal yang mendasari, karena sebagian besar masyarakat Belu berada pada taraf ekonomi lemah ke bawah. Tidak sedikit masyarakat Belu mengalami kendala dalam memenuhi kewajiban membayar iuran dan ketika sakit membutuhkan biaya tidak sedikit untuk berobat. Disini pemerintah perlu hadir untuk membantu masyarakat kecil.

“Soal inilah yang membuat paket sehati berpikir, bahwa masih banyak orang Belu yang sesungguhnya belum berkemampuan untuk membayar iuran BPJS, dan ketika sakit mengalami kesulitan,” ungkapnya seperti dilansir dari m.rri.co.id.

Di tambahkannya, paket sehati hadir dengan membuat rencana kerja berupa program kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Belu. Pemerintah berkehendak membiayai dengan kepastian seluruh masyarakat Belu menjadi sehat. Karena ketika sehat bisa bekerja, ketika sehat baru bisa bersekolah dan lain-lain aktivitasnya.

Loading...

“Bila masyarakat Belu mengalami sakit tidak perlu memikirkan biaya, langsung ke puskesmas hanya membawa tanda pengenal berupa Kartu Tanda Penduduk-KTP atau Kartu Keluarga (KK). Seluruh biaya sudah ditanggung Pemerintah Daerah,” terang Aloysius.

Menurutnya bila paket sehati dipercayakan memimpin Belu. Aloysius memastikan seluruh biaya berkenaan dengan program kesehatan gratis akan disiapkan. Ditaksir kurang lebih 20 hingga 24 miliar rupiah sudah mampu bahkan lebih untuk membiayai seluruh biaya pengobatan bagi masyarakat Belu.

“Program kesehatan gratis ini berdampak baik bagi masyarakat Belu, tentunya mendapat dukungan dari DPRD. Sehingga masyarakat Belu tidak perlu ragu pastikan paket sehati sebagai pemenang di Pilkada 9 desember nanti,” katanya.

Paket Sehati memiliki komitmen untuk melaksanakan program kesehatan gratis, karena ingin membuat perubahan bagi seluruh masyarakat Belu,”pungkas calon Wakil Bupati Belu Paket Sehati Aloysius Haleseren.

Loading...

Baca juga: Cabup dr Agustinus Taolin Masyarakat Belu Harus Berdayakan Dalam 3 hal Pokok

Sebelumnya kepada media ini Calon CBupati Belu dr. Agustinus Taolin, Sp. PD- KGEH kepada media ini menyampaikan bahwa, masyarakat perbatasan harus diberdayakan baik ekonomi, kesehatan dan Pendidikan, ketiga hal ini dijalankan berimbang tentunya masyarakat menjadi kuat dan maju.

Lebih lanjut menurutnya, Kabupaten Belu ada di perbatasan tentunya ada isu perbatasan, Lintas batas, namun sudah ada organ-organ pemerintahan yang menjaga itu semua.

Program Paket Sehati

Fokus kami adalah pertanian, air bersih, pendidikan, kesehatan birokrasi, pasar modern di perbatasan karena masyarakat Kabupaten Belu itu rata-rata petani. Maka kedepan kita akan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian yang sudah menjadi turun temurun menjadi tradisi mata pencaharian, jadi fokus kita pada jagung, padi dan singkong di daerah perbatasan.

Caranya, sebagai Pemimpin siapkan lahan yakni bantuan traktor yang sesuai dengan spesifikasi. Kita perlu menyesuaikan dengan Geografis di sana, jangan sampai orang minta traktor besar kita berikan traktor kecil. Kemudian masyarakat harus mempunyai bibit unggul supaya bisa meningkat penghasilan dari lahan yang mereka miliki. Kemudian pupuk, irigasi air tentunya pemerintah siapkan semua. Tanaman keras seperti kemiri, asam. Jelas Taolin.

Baca Juga: Pilkada Belu Harapan dan Sosok dr Agus Taolin di Mata Tokoh Integrasi Eks Timor Timor Lafaek

Rencananya juga akan membuka pasar di perbatasan yang berstandar internasional modern yang menjadi media  interaksi antara warga negara Timor Leste dan Indonesia untuk masyarakat bisa bertransaksi dengan hasil-hasil tentunya dengan nilai jual yang lebih baik, sehingga mereka bisa meningkatkan taraf hidup mereka di sana.

Kesehatan sudah otomatis, maka kami sudah mendeklarasikan bahwa masyarakat Belu berobat cukup bawa KTP saja sudah bisa mendapatkan pengobatan gratis, tidak ada aturan yang melarang karena regulasinya sudah ada. Jelas dr. Agus Taolin Bakal Calon Bupati.

“Pendidikan juga sangat penting, bagi anak-anak yang berprestasi kita berikan beasiswa untuk sekolah karena pada hari-hari ini daya saing kita  masih rendah karena berpendidikan tinggi sangat sedikit, 0,2% di bawa 1% yang sekolah S1, S2, S3. Kita punya sumber daya manusia yang tidak punya daya saing yang cukup disitu sehingga ini menjadi konsentrasi kedepan untuk meningkatkan kedepan”.

“Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Pasar, Air Bersih, Birokrasi. Dari keenam program kerja ini tentunya kita mengatur bertahap karena sejumlah program yang ada ini menjadi penting kedepan demi membangun ekonomi masyarakat Kabupaten Belu karena Kabupaten Belu sebagai Kabupaten Perbatasana yang memiliki corong atau warna NKRI di mata masyarakat perbatasan.” Tutup dr. Agus Taolin (YT)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...