Kategori
Inspirasi

Apakah Gas Air Mata Itu Sebenarnya

71
Ilustrasi Gas Air Mata Saat Bubarkan Aksi

APAKAH GAS AIR MATA ITU SEBENARNYA

Menurut Karimah Muhammad. Clinical Pharmacist.
CPE Alumni ITB .

“Hope for the best. Prepare for the worst.
Berharap yang terbaik. Bersiap menghadapi risiko yang terburuk”.

“Gas air mata” sebenarnya bukan gas, melainkan SERBUK HALUS bertekanan tinggi yang dikemas dalam kaleng. Dua zat yang biasa digunakan sebagai “gas air mata”:
🍐Minyak capsicum
🍐2-chloro-benzal-malono-nitrile atau C10H5CIN2.

Ketika ditembakkan, serbuk halus tersebut akan keluar dari kaleng kemasannya dan menyebar/menggantung di udara dengan tingkat kepadatan yang tinggi. Serbuk ini AKAN MENCARI KANDUNGAN AIR yang terdapat di kulit, tenggorokan saluran pernafasan atau mata kita. Tanpa kita sadari serbuk tersebut akan segera menempel di kulit, terhirup atau mengenai mata. Efek yang akan muncul:
🌻Di kulit: rasa terbakar.
🌻Di mata: rasa perih, keluar air mata.
🌻Di saluran pernafasan: hidung berair, batuk, rasa tercekik.
🌻Di saluran pencernaan: rasa terbakar yang parah di tenggorokan, keluar lendir dari tenggorokan, muntah.
🌻Jika serbuk tersebut masuk hingga ke paru-paru: menyebabkan nafas pendek-pendek, sesak nafas, rasa seperti terbakar di paru-paru.

Gas air mata sebenarnya diciptakan bagi petugas keamanan untuk mengatasi KERUSUHAN (Riot Situation), bukan aksi damai. Gas air mata merupakan alternatif dari pentungan, peluru karet dan senjata mematikan dalam pengendalian massa yang SUDAH MENAMPAKKAN

Dalam persiapan menghadapi Aksi 13-10-20
🍀Menggunakan kaca mata BERLENSA LEBAR jauh lebih baik untuk melindungi mata dari bahaya gas air mata ini, dibandingkan dengan mengoleskan odol di bawah kantong mata. Karena serbuk akan TERHALANG oleh lensa kaca mata untuk bisa menyentuh bola mata. SEMUA PESERTA Aksi Damai saya sarankan menggunakan kaca mata
🍀Mengoleskan hand & body lotions di SELURUH TUBUH, dan mengoleskannya kembali setelah berwudhu, akan membantu mencegah efek mengiritasi kulit, meskipun anda telah memakai baju berlengan panjang. 🍀Mengoleskan SUNBLOCK, atau produk Day Cream yang selalu mengandung sunblock di seluruh wajah dan tangan lebih baik untuk melindungi kulit dan mata. Kandungan titanium dioksidanya akan mencegah gas air mata menembus pori-pori kulit. Tentu masalah harga dan ketersediaan produk ini bisa membuat peserta aksi lebih memilih odol. Tapi bisa dijadikan alternatif untuk pengolesannya di titik-titik kumpul, bukan masing2 peserta membawa sendiri.
🍀Gel gigi (Close Up), dengan KANDUNGAN AIR yang lebih tinggi sebenarnya LEBIH BAIK dibandingkan pasta gigi (Pepsodent). Ingat serbuk ini akan “mencari” air untuk berikatan.
🍀Untuk mencegah serbuk masuk ke dalam paru-paru, sebaiknya sunblock DIOLESKAN DI SELURUH WAJAH, sehingga lebih banyak serbuk yang terikat. Untuk gel gigi atau pasta gigi PERLU JUGA dioleskan di atas bibir, untuk mencegah gas air mata masuk ke hidung. Bukan cuma di bawah kelopak mata.

Jadi intinya: oleskan sebanyak mungkin Day Cream atau Hands & Body Lotions di wajah dan seluruh permukaan kulit, agar gas air mata berikatan dengan mereka, BUKAN DENGAN TUBUH KITA. Pasta gigi atau gel gigi menimbulkan rasa panas di kulit, sehingga tidak bisa dioleskan di seluruh wajah dan kulit.

Loading...

PENANGANAN KORBAN GAS AIR MATA:
Sebelum atau selama dalam perjalanan menuju klinik atau rumah sakit:
🍒Di mata: bilas dengan air. Guyurkan air dari botol minum langsung ke mata, sampai rasa perih hilang. Jadi posko kesehatan perlu menyediakan banyak air minum dalam kemasan.
🍒Di tenggorokan: berkumur dengan air beberapa kali hingga rasa serbuk hilang.
🍒Mual / muntah: minum antidiare adsorben, misal: New Diatabs, Entrostop.
🍒Di saluran pernafasan: pemberian oksigen dengan oksigen kaleng akan sangat membantu “membilas” dan “mengencerkan” kadar serbuk di dalam paru-paru.

Selamat menyongsong Aksi Kedaulatan Rakyat. Untuk Indonesia yang Adil dan Makmur.

EDITOR ; SOPHIE SUPRIATIN.

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...