Kategori
Berita

Yayasan Tanpa Batas Dan Puskesmas Oemasi Gelar Pelatihan Bagi Kader di Tingkat Desa

Corpsnews, Kupang – Demi mengurangi gangguan penglihatan dan kebutaan yang efektif dan inklusif Yayasan Tanpa Batas (YTB) bersama dengan Puskesmas Oemasi mengadakan kegiatan pelatihan bagi Kader desa tentang gangguan penglihatan, Sabtu (10/10/2020).

Pelatihan yang melibatkan 10 kader dari 5 desa di wilayah kerja Puskesmas Oemasi yakni: Desa Oemasi, Besmarak, Oben, Tunfeu dan Oelomin dilaksanakan di Puskesmas Oemasi.

Pelatihan bagi kader ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan perawat yang sudah dilakukan oleh Yayasan Tanpa Batas.

Denimars Sailana, selaku Direktur YTB, dalam sambutannya menekankan kader merupakan ujung tombak untuk tercapainya tujuan dari program gangguan penglihatan ini sehingga perlu disiapkan secara baik.

“Kader yang hari ini hadir merupakan kader pilihan dan ini merupakan angkatan pertama kader kesehatan mata dan di NTT ini belum ada kader kesehatan mata”. Tambah Denimars Sailana.

Direkrut YTB juga berharap semoga melalui program gangguan penglihatan ini dapat membantu masyrakat yang ada di tingkat desa dan peran kader sangat dibutuhkan untuk melakukan ini.

Dr. James Siagian, selaku Kepala Puskesmas Oemasi dalam sambutanya menyampaikan gangguan penglihatan di wilayah oemasi banyak dan terjadi pada lansia namun dikarenakan kurangnya informasi mengenai gangguan penglihatan sehingga masih banyak yang kurang menyadari gejala dini gangguan penglihatan.

“Ilmu yang diperoleh saat pelatihan ini nantinya dapat diterapkan di tempat pelayanan baik di puskesmas maupun di desa dan gangguan penglihatan dapat ditanggani nantinya.” tambah Kepala Puskesmas Oemasi.

Loading...

Beliau juga turut menyampaikan terimakasih kepada YTB yang sudah bersedia mengadakan kegiatan ini sehingga kader di desa dapat melakukan deteksi dini.

Ari Bani S, Kep selaku Perawat di Puskesmas Oemasi yang menjadi narasumber pelatihan menyampaikan terimakasih kepada YTB karena sudah membuat kegiatan pelatihan gangguan penglihatan kepada kader kesehatan.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemaparan materi mengenai edukasi kesehatan mata, menjaga kesehatan mata, pemeriksaan mata dengan metode hitung jari dan peran kader oleh Ari Bani, S.Kep selaku Perawat Puskesmas Oemasi.

Corpsnews/Yohan

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...