Kategori
KORPS

Dankormar Berikan Pembekalan Kepada Pasis Seskoau Ke-57 TP.2000

71
Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.(Han)

Corpsnews, Jakarta – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.(Han), memberikan pembekalan tentang Korps Marinir melalui video conference (vicon) kepada Perwira Siswa Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (PASIS SESKOAU) Angkatan ke-57 Tahun Pembelajaran 2020 di Gedung Agoes Soebekti Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No. 40 Kwitang, Jakarta Pusat, Kamis (09/10/2020).

“Korps Marinir lahir dari jiwa dan semangat patriotisme para pemuda Indonesia yang ingin lepas dari kolonialisme, semangat tersebutlah yang turut melahirkan Korps Marinir. Perjalanan Korps Marinir berawal dari terbentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut pada tanggal, 10 September 1945 yang pada saat itu memiliki tugas melaksanakan pengamanan dan ketertiban di pantai, lautan dan daerah-daerah pelabuhan”, ulas Dankormar dalam pembekalannya.

“Kemudian pada tanggal 5 oktober 1945 Presiden Soekarno mengeluarkan Maklumat untuk membentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR), sehingga membuat Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut berubah menjadi Tentara Keamanan Rakayat (TKR) Laut, dan pada akhirnya TKR pun berubah nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) sebelum menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) seperti sekarang ini. Pada tanggal 15 Nopember 1945, terbentuklah Corps Mariniers di Pangkalan IV ALRI Tegal, yang kemudian tanggal tersebutpun ditetapkan menjadi hari lahir Korps Marinir”, terang Dankormar.

Lebih lanjut, Dankormar menjelaskan bahwa pola pembinaan Korps Marinir dilaksanakan secara aspek struktural (fisik) mulai dari pembinaan personel, pembinaan latihan, pembinaan material dan pembinaan organisasi. Sedangkan aspek kultural (non fisik) meliputi leadership, disiplin, jiwa korsa dan kebanggaan korps demi mencapai keunggulan daya tempur Korps Marinir, mulai dari tingkat perorangan sampai dengan tingkat satuan sehingga terwujudnya kesiapsiagaan operasi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han) dan para Asisten Dankormar. (*)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...