Kategori
Hukum

Ketua Lembaga Bantuan Hukum Perhimpunan Jurnalis (LBH PENA) NTT Sebut Laporan Kades Numponi Ke Polres Malaka Salah Alamat

71
Yulius Benyamin Seran, SH

Corpsnews, Malaka – Ketua Lembaga Bantuan Hukum Perhimpunan Jurnalis (LBH PENA) NTT, Yulius Benyamin Seran, SH., bersama 7 orang advokat yang tergabung di dalam LBH PENA NTT menegaskan siap mengadvokasi kasus laporan kades Numponi terhadap Wartawan NKRI POST Malaka.

LBH PENA sendiri merupakan Organ Organisasi Perhimpunan Jurnalis NTT Bali yang kini dikawal oleh delapan (8) orang Advokat, rabu (07/10/2020).

Benyamin mengungkapkan, “Kami siap mengadvokasi kasus ini karena kami ingin meluruskan bahwa UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers dengan tegas mengatur tentang mekanisme yang harus ditempuh oleh pihak-pihak yang merasa dirugikan dari adanya pemberitaan”.

“Maka karya jurnalistik dilindungi oleh hukum dan merupakan Lex Specialis. Sehingga wajib hukumnya menempuh mekanisme yang telah diatur di dalam ketentuan Pasal 1, 5, 11 dan 15 yang mengatur tentang hak jawab”, ujarnya.

Dirinya mengungkapkan ingin memastikan bahwa laporan Kades Numponi terhadap wartawan adalah keliru dan salah alamat. Untuk itu tim advokat LBH Pena NTT berharap Kepolisian Resor Malaka tidak gegabah di dalam melakukan tindakan terhadap laporan yang keliru tersebut. Sebab ada asas hukum yang tidak boleh dilanggar yaitu lex spesialis derogate le generali bahwa aturan yang berlaku khusus mengesampingkan aturan yang berlaku umum.

“Jadi, tuduhan pencemaran nama baik yang dialamatkan terhadap seorang wartawan atas karya jurnalistiknya tidak semata-mata dilihat dalam kaca mata KUHP melainkan UU Pers”, tegas Pengacara Muda asal Malaka Timur yang akrab disapa Eland Seran tersebut.

Harapan dari LBH Pena NTT adalah Polres Malaka menghormati asas hukum yang berlaku di Indonesia sehingga tidak terjadi misprosedural di dalam penanganan perkara yang bersifat khusus.

“Kan ada ruang hak jawab. Mengapa tidak digunakan ruang itu?”, tanya Benyamin mengakhiri wawancara awak media.

Loading...

Sementara, terkait dugaan tindak pidana ringan terhadap Yohana Fouk yang dilakukan Kades Numponi sudah dilaporkan di Polsek Malaka Timur.

Corpsnews/KM

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...