Kategori
Berita

Bung Yanto, Ketua PokJa Perekrutan PTPS; Anggota PTPS Yang Di Rekrut Berlandaskan Integritas dan Kualitas

9

Corpsnews, Malaka – Perekrutan Pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) yang diaktualisasikan panwascam Wewiku melalui seleksi yang ketat, karena setiap PTPS yang direkrut memiliki tanggung jawabkan dalam mengawasi setiap tahapan di TPS nantinya.

Pilkada yang berintegritas hanya dapat dicapai jika seluruh proses berjalan dengan berintegritas. Oleh karena itu, Bawaslu memanggil putra-putri terbaik di Kecamatan Wewiku untuk berpartisipasi secara langsung mengawal pelaksanaan Pilkada dengan menjadi PTPS,”

Disekretariat panwascam Wewiku, Adrianus Ariyanto Seran selaku Ketua PokJa Perekrutan PTPS menjabarkan bahwa, pengemuman perekrutan sudah diselenggaran pada tanggal 30 september sampai 3 oktober, dan dilanjutkan dengan penerimaan pendaftaran anggota PTPS mulai dari tanggal 3 – 15 oktober.” Selasa (06/10/2020)

Yanto mengatakan, tahapan perekrutan PTPS ini sesuai petunjuk dari bawaslu kabupaten untuk dilaksanakan panwascam, dari tanggal 3 sampai 15 bulan ini mulai pendaftaran, penerimaan dan penelitian berkas serta tes wawancara, setelah itu masuk dalam tahapan berikut jika terdapat desa yang belum memenuhi kuota akan dilakukan perpanjangan pendaftaran.

Perekrutan ini tidak di batasi dibuka seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat yang berada di kecamatan Wewiku bagi yang berminat manjadi pengawas di TPS pada hari voting day nanti. Batas usia sesuai petunjuk tehnis yang memenuhi syarat paling renda 25 tahun, panwascam sekarang ini tengah mempersiapkan dokumen pensyaratan pendaftaran yang akan diisi setiap calon peserta. Bagi peserta yang dinyatakan lolos berkas langsung dilakulan tes wawancara.

“PTPS yang direkrut harus memiliki jiwa militansi, berkualitas dan minimal mempunyai pemahaman soal pengetahuan pemilu”, jelas bung Yanto.

Kordiv SDMO ini juga menuturkan bahwa, barometer keamanan dalam ruangan TPS tergantung pada pengontrolan PTPS yang bilamana selalu proaktif dalam mengawasi keberlangsungan semua tahapan di TPS.

Lanjut Bung Yanto, KPPS dalam menjalankan tugas di TPS tugas PTPS akan mengontrol atau mengawasi semua kegiatan yang dilakukan KPPS dan pihak lain dan memastikan semua kegiatan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Loading...

Ketika dikonfirmasi terkait pengawasan terhadap tidak netralnya oknum-oknum yang terlibat Politik Praktis, Yanto menjelaskan jika ada indikasi pelanggaran demikian akan ditindak lanjuti sesuai instrumen hukumnya.

Oknum yang dimaksud seperti ASN, TNI, POLRI, Aparat Desa dan pegawai BUMD.

Corpsnews/Fren

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...