Kategori
Pilkada

Panwascam Wewiku Membersihkan Alat Peraga Sosialisasi

70
Panwascam Wewiku Membersihkan Alat Peraga Sosialisasi

Corpsnews, Malaka – Kolektif Panwascam Wewiku, Malaka dan PKD gelar eksekusi Penetirban Alat Peraga Sosialisasi (APS) dari Calon Bupati dan Wakil Bupati di perhelatan politik Pilkada Kabupaten Malaka mendatatang (9 Desember 2020), hal ini dikarenakan APS (Spanduk, Baliho, Stiker, dll) tersebut merupakan suatu alat sosialisasi sementara sebelum penetapan calon oleh KPU. Kegiatan pembersihan APS berlandaskan ketentuan Peraturan KPU No 13 Tahun 2020 Pasal 1 Poin 28. Selasa (06/10/2020) pagi

Dalam pantauan media, kegiatan penetirban APS ini berute dari Desa Lorotolus, Seserai, Alkani, Weseben, Lamea dan 7 desa lainnya akan dilanjutkan setelah PPS setiap desa gelarkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) di tingkat desa di wilawah Kec Wewiku.

Ludofikus Bria label Divisi Pengawasan Hubungan antar Lembaga kepada media menyampaikan bahwa, kegiatan pembersihan APS ini merupakan satu kewajiban yang mutlak dilakukan setelah penetapan bakal calon menjadi calon dalam pilkada tersebut.

“Seharusnya kegiatan pembersihan APS ini sudah dilakukan sebelum tanggal 26 September, karena tanggal 26 september sudah masuk tahap kampanye”, tuturnya.

Lebih lanjutnya, kelayakan penetirban ini sepantasnya dilakukan oleh paslon atau tim kampanye, akan tetapi dari pihak paslon tidak mengindahkan hal tersebut, maka kegiatan ini disikapi oleh Bawaslu bersama panwascam dan PKD.

“Setelah pembersihan APS, KPU akan melaksanakan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) sesuai titik yang sudah di tentukan”, tandasnya.

Ludo juga menjelaskan pemasangan APK akan difasilitasi KPU, sebab pemasangan APK seperti, baliho,spanduk dan lain-lain ada ukurunnya masing – masing sesuai ketentuan yang berlaku.

“APK ini bisa juga di pasang paslon masing – masing, asalkan sesuai dengan krikteria dan ketentuan ditetapkan KPU”, tutupnya.

Loading...

Corpsnews/Fren

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...