Kategori
Berita

Tegas Mengawasi Tahapan Kampanye Panwascam Malaka Timur Bangun Koordinasi Bersama Polsek Malaka Timur

Corpsnews,Malaka – Memasuki masa kampanye Pilkada serentak 2020 Panitia pengawas pemilu kecamatan Malaka Timur lakukan koordinas bersama Kapolsek Malaka Timur di Polsek Malaka Timur pada senin, 28/09/2020.

Koordinasi tersebut guna mengawasi giat kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati yang berlangsung mulai tanggal 26 september sampai 5 desember 2020 nanti.

Giat ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas dan stabilitas keamanan dalam pengawasan di wilayah Kecamatan Malaka Timur selama setiap tahapan pilkada berlangsung

Dalam giat silaturahmi itu Kapolsek Malaka Timur Ipda I Made Yudaya berharap kepada Panwascam Malaka Timur agar segera memetakan kerawanan Pelanggaran dalam proses tahapan Pilkada yang sementara berlangsung di Desa-Desa se-Kecamatan Malaka Timur, agar kedepan pencegahan dapat di atasi lebih awal.

Kami dari pihak Polsek Malaka Timur juga bersedia membantu Panwascam menjaga keamanan Pilkada di setiap tahapan dan Khususnya tahapan kampanye yang sementara berlangsung,” ucapnya.

Ia juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Malaka Timur untuk turut serta bersama-sama dalam mengawasi tahapan pilkada serentak tahun 2020 yang sementara berlangsung.

Sementara itu Panwascam Malaka Timur melalui Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Remigius Tefa dalam kesempatan yang sama mengatakan, kegiatan silaturahmi dan koordinasi dengan pihak kepolisian ini dilakukan untuk memperkuat komunikasi dalam pengawasan tahapan pilkada yang sementara berlangsung menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Dikonfirmasi terkait pengawasan, Panwascam Malaka Timur berkomitmen terus melakukan pengawasan melekat disetiap tahapan, termasuk tahapan kampanye yang sementara berlangsung.“

Loading...

Ia menegaskan, terhadap pasangan calon yang nantinya melakukan kampanye diminta untuk benar-benar mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh partai politik, gabungan partai politik, pasangan calon, tim kampanye atau pihak lain yang tidak mematuhi protokol kesehatan akan dikenai sanksi peringatan tertulis hingga pembubaran kegiatan yang dilakukan.

“Sejak memasuki masa tahapan kampanye pada 26 September, setiap paslon maupun tim kampanye yang tidak taat pada aturan protokol kesehatan, akan kami koordinasikan dengan pihak kepolisian untuk bubarkan,” Tegasnya

Remi Tefa menerangkan, hal tersebut sesuai ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020 yang mengatur tentang pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 di tengah COVID –19.

Loading...

Kita juga akan terus bersama sama dengan Kepolisian  berkerjasama agar potensi pelanggaran harus diminimalisir. Tidak hanya soal protokol kesehatan covid-19, namun juga jenis pelanggaran lainnya yang bisa saja dilakukan apalagi setelah peserta telah ditetapkan oleh KPU sebagai kandidat dalam kontestasi politik tahun ini.

Ketua panwascam Malaka Timur, Agustinus F. Funan ketika dikonfimasi terkait Oknum-oknum yang dilarang dalam melakukan atau terlibat langsung dalam berpolitik praktis selama proses tahapan pilkada berlangsung seperti ASN, TNI-Polri, Kepala Desa, Perangkat Desa, BUMD, dan unsur lainnya.

Ia meneragkan bahwa Langkah pencegahan sudah kita lakukan dengan cara mensosialisasikan UU 10 2016 khusus pasal 70, 71 melalui penyebaran spanduk dari Bawaslu Malaka di setiap titik di Semua kecamatan.

setelah penetapan calon, pihak-pihak yang dilarang tersebut sangat tidak diperkenankan melakukan pelanggaran. Karena setelah penetapan calon, ketika ditemukan bukti melanggar aturan, ketentuannya adalah pidana,”

Apalagi sampai tingkatan menggerakan massa dengan jabatan yang dimiliki untuk memberi dukugan kepada salah satu pasagan calon.’ Tegasnya

Besar harapan, semua masyarakat ikut berpartisipasi menjaga kedamaian, keamanan, dan ketenteraman selama tahapan hingga pemilihan nanti.’ Tutup mantan aktivis PMKRI cabang Kefamenanu sekaligus Pendiri Organisasi Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Dawan R Kefamenanu itu.

Corpsnews/X’Men

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...