Kategori
Berita Jakarta Pendidikan Teknologi

Program ESP PT Pertamina Lubricants Sudah Cetak Lebih Dari 66 Bengkel Mandiri Diseluruh Indonesia

71

Corpsnews – PT Pertamina Lubricants percaya bahwa mengembangkan keahlian dan minat para tenaga muda produktif sangat penting untuk memajukan industri pelumas dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Melalui program Creating Shared Value (CSV) PT Pertamina Lubricants membuka akses anak muda untuk berwirausaha melalui Enduro Student Program (ESP) yang resmi diluncurkan pada Tahun 2016.

ESP merupakan rangkaian program pendidikan, pelatihan dan kewirausahaan (entrepreneurship) di dunia perbengkelan roda dua. Program ini ditujukan bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK Otomotif dan Teknik unggulan serta SMA.

Di masa pandemi Covid-19, berbagai bisnis terkena dampak yang signifikan terlebih untuk bisnis kecil atau startup. Bengkel menjadi salah satu usaha yang mengalami tantangan besar.

Dalam kegiatan monitoring bengkel binaan yang di lahirkan melalui ESP, Yus Ardianto selaku Manager Production Unit Jakarta menyampaikan, “Selama mengikuti ESP anak – anak muda ini kami berikan pembekalan kewirausahaan dan pelatihan otomotif bersertifikat dalam jangka waktu kurang lebih 1,5 bulan di Balai Latihan Kerja Bandung. Setelah pendidikan itu barulah kami pilih teman-teman yang nilainya memuaskan dan memiliki keseriusan untuk berwirausaha,” terangnya saat ditemui di Bengkel Binaan Jl Swasembada Barat, Jakarta Utara 22/9/2020.

“Waktu awal mulainya program ini berjalan pada bulan September 2019, ada 18 peserta namun dengan bertambahnya waktu, banyak di antara mereka yang memilih untuk bekerja di tempat lain. Saat ini kami tetap melihat motivasi yang tinggi dari peserta karena sudah ada 3 bengkel mandiri di wilayah Tanjung Priok dengan total 6 peserta. Kami berharap mereka akan lebih sukses dan sabar lagi dalam menjalani usaha bengkel ini dan PT Pertamina Lubricants akan terus memberikan bimbingan sampai nantinya mereka dapat menjalankan bisnis dengan lebih matang secara mandiri.” sambungnya.

“Kami sangat bersyukur dengan hadirnya bantuan dari PT Pertamina Lubricants yang telah memberikan pelatihan pendidikan dan juga modal usaha, sehingga kami bisa menjalankan bisnis bengkel dengan lancar. Dan alhamdulillahnya per hari ada pelanggan 7 – 10 orang.” jelas Arif salah satu penerima manfaat CSR PT Pertamina Lubricants.

Namun menjalankan bisnis tentu akan mengalami berbagai kendala khususnya di kondisi pandemi Covid-19. “Saat PSBB tahap II ini sebenarnya kami cukup susah untuk mendapatkan pelanggan, namun kami saat ini sedang mencoba untuk memberikan pelayanan home service yang hanya dengan menghubungi lewat WhatsApp, kami akan segera datang untuk melakukan service motor pelanggan. Dalam menghadapi pandemi ini, kami juga menerapkan protokol dengan menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan ataupun sanitizer, dan menerapkan jaga jarak di bengkel kami. Harapan kami kedepannya agar pandemi ini lekas selesai dan kami bisa menjalankan bengkel dengan lebih mandiri dan mengelola modal dari upaya yang kami hasilkan sendiri,” pungkas Arif.

Loading...

Secara keseluruhan program ESP sudah mencetak lebih dari 66 bengkel mandiri diseluruh Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan kembali wirausaha muda dan mandiri di bidang perbengkelan, serta dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada.(**)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...