Kategori
KORPS

Latih Bongkar Pasang Jembatan Bailey, Untuk Wujudkan Prajurit Yonzeni 2 Mar Yang Siap Operasi

68

Corpsnews, Surabaya – Untuk mengasah kemampuan prajurit zeni tempur menjadi prajurit yang handal perlu kerja keras, seperti yang dilaksanakan oleh Batalyon Zeni 2 Marinir (Yonzeni 2 Mar) dengan melatih prajuritnya bongkar pasang jembatan bailey di Bumi Marinir Karangpilang Surabaya. Jumat( 25/09/2020)

Latihan yang dipimpin oleh Letda Mar Dimyati tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit Yonzeni 2 Mar agar dapat melaksanakan  tugas pokok sebagai prajurit zeni baik di medan tempur maupun dalam operasi militer selain perang.

Dalam kesempatan yang sama, Letkol Marinir l Nyoman Polih IP, M. Tr. Opsla selaku Danyonzeni 2 Mar berpesan untuk melaksanakan latihan secara sungguh sungguh dan hati hati mengingat jembatan Bailey ini cukup berat. Perlu kerja sama, kekompakan dan konsentrasi yang tinggi sehingga tidak terjadi hal hal yang merugikan baik personil maupun material.

Sebagai informasi, jembatan bailey adalah jembatan bongkar pasang buatan Inggris dengan rangka baja ringan berkualitas tinggi yang mudah dipindah-pindah. Umumnya digunakan sebagai jembatan darurat yang sifatnya sementara.

Struktur jembatan Bailey mempunyai sistem panjang per panel 3,05 m,tinggi 1,5 m . Masing-masing panel memiliki kait jantan dan betina yang saling terkait di mana dapat dihubungkan dengan memasang baut panel penghubung panel. Setelah tersusun maka kelebaran jembatan 4,45 m dengan bentang jembatan kelipatan dari panjang setiap panel.Kemampuan menahan beban bisa disesuaikan tergantung dari tipe jembatan itu sendiri. (*)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...