Kategori
Berita

Azis Syamsuddin Dorong Peningkatan Kerja Sama Indonesia dan Perancis

70
Wakil Ketua DPR RI Koodinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) M. Azis Syamsuddin saat menerima Duta besar Prancis untuk Indonesia H.E Olivier Chambar di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Rabu (23/9/2020)

Corpsnews, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Koodinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) M. Azis Syamsuddin mendorong peningkatan kerja sama di berbagai sektor antara Indonesia dengan Perancis. Mengingat kedua negara ini sudah memiliki sejarah kerja sama yang sudah baik dan kedepannya perlu ditingkatkan dalam hal kerja sama di bidang ekonomi, lingkungan, perubahan iklim dan pertahanan.

 

“Banyak kerja sama di bidang pertahanan, maritim dan banyak sektor lain. Dalam hal ini Menteri Pertahanan juga sudah berkunjung ke Perancis, kemudian Pak Presiden juga telah melakukan hubungan yang baik. Selain itu juga berkenaan dengan blueprint dalam rangka untuk perubahan iklim dan lingkungan,” ujar Azis saat menerima audiensi Duta besar Prancis untuk Indonesia H.E Olivier Chambar di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Rabu (23/9/2020).

 

Politisi Partai Golkar ini pun juga mengakui bahwa Perancis telah menjadi mitra Indonesia dalam menjaga komitmennya di bidang maritim sebagaimana tertuang dalam Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS 1982). Sehingga sejarah kerja sama yang baik ini harus lebih ditingkatkan lagi kedepannya.

 

“Kita bisa meningkatkan secara gradual kerja sama, khususnya dalam hal yang berpegang pada UNCLOS 1982 yang merupakan bagian daripada komitmen Indonesia untuk menjaga maritim, baik dari sisi pertahanan kemudian ekonomi. Kami menyambut baik kerja sama pemerintah Indonesia dan Perancis yang terus bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu,” sambung Azis.

 

Loading...

Sikap saling support antara Indonesia dan Perancis pun dinilai akan menguntungkan kedua negara. Mengingat Perancis adalah bagian dari Uni Eropa yang bisa menjadi medium komunikasi antara Indonesia dengan negara kawasan Eropa lainnya.

 

Dalam kesempatan ini Duta Besar Perancis untuk Indonesia, H.E. Olivier Chambar mengucapkan terima kasih atas telah diterimanya oleh Pimpinan DPR RI. Selain peningkatan kerja sama, kesempatan ini pun juga ia manfaatkan untuk berdiskusi dengan situasi Indonesia terkini di bidang legislasi, utamanya dalam pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja.

 

Loading...

Namun secara spesifik, ia pun akan terus mendukung langkah-langkah peningkatan kerja sama dengan Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk terbesar dan memiliki kekayaan alam yang melimpah. (DPR)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...