Dinkes Kab Kupang Dan YTB Gelar Pelatihan Bagi Perawat Tentang Gangguan Penglihatan

4
Foto sedang berlangsungnya kegiatan.

Corpnews.com, Kupang – Demi mengurangi gangguan penglihatan, kebutaan yang efektif dan inklusif, Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang dan Yayasan Tanpa Batas (YTB) mengadakan kegiatan pelatihan bagi perawat tentang gangguan penglihatan di Hotel On The Rock, Rabu (16/09/2020).

Pelatihan tersebut melibatkan 10 perawat dari puskesmas di Kabupaten Kupang yakni: Pakubaun, Oekabiti, Fatukanutu, Oesao, Camplong, Naibonat, Tarus, Baumata, Oemasi dan Batakte serta 1 perawat dari RSUD Naibonat ini akan berlangsung selama empat hari yakni 16-19 September 2020.

Melkianus Laiskodat, selaku Koordinator Lapangan YTB di Kabupaten Kupang, dalam sambutannya menekankan bahwa Program Inclusive System For Efektive Eye Care (I-SEE) merupakan program Dinkes Kabupaten Kupang dan YTB sehingga memerlukan komitmen bersama dari tingkat Dinkes, RSUD Naibonat, Puskesmas, Pustu hingga Kader di Desa.

“Melalui kegiatan ini Perawat yang ada di Puskesmas dan RSUD Naibonat akan diberikan gambaran terkait program Inclusive System For Efektive Eye Care (I-SEE) serta timbul komitmen bersama untuk menyukseskan program ini”. Tambah Koordinator Lapangan YTB.

Ia juga menekankan program ini merupakan program inovasi dari Dinkes bersama YTB sebagi bentuk kepeduliaan terhadap masyarakat.

“Perawat yang dilatih nantinya akan menjadi trainer bagi kader yang ada di Desa atau Kelurahan di wilayah kerja Puskesmas”. Tegas pria yang sering disapa Mel itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kupang, dr. Robert A. J. Amaheka yang membuka kegiatan ini juga dalam sambutannya menekankan Puskesmas Oesao akan menjadi eye center bagi kabupaten kupang.

“Puskesmas Oesao bekoordinasi dengan kepala bidang P2P untuk mempersiapkan Poli Mata Di Puskesmas Oesao dan menjadi cerminan Kabupaten Kupang terkait penatalaksanaan pemeriksaan mata”. Tambah Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang.

Loading...

Selanjutnya, dr. Robert A. J. Amaheka menegaskan perawat dapat mengikuti kegiatan dengan seksama sehingga mengetahui gangguan penglihatan dan nantinya akan memberikan informasi kepada kader di Desa.

“Kabupaten Kupang kedepannya harus dapat menjadi contoh bagi daerah lain mengenai penanganan masalah gangguan penglihatan sehingga perawat wajib memiliki motivasi yang baik”. Tegas Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang.

*YX/Fisel*

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat