Cabup dr. Agustinus Taolin: Masyarakat Belu Harus Berdayakan Dalam 3 Hal Pokok

Cabup dr. Agustinus Taolin: Masyarakat Belu Harus Berdayakan Dalam 3 Hal Pokok

78

dr. Agustinus Taolin

Corpsnews, Belu – Pilkada serentak tahun 2020 sudah di depan mata. Proses pendaftaran bakal calon sudah dilakukan sesuai jadwal yang diberi oleh penyelenggara. Tak terkecuali, Kabupaten Belu yang adalah Gerbang Perbatasan Republik Indonesia dan Republic Democratic Timor Leste (RDTL) menghelat pesta demokrasi 5 tahunan ini.

Kabupaten Belu merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Disana telah dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang menjadi serambi terdepan dalam hubungan Bilateral dan Multilateral kedua negara Indonesia dan Timor Leste.

Bakal Calon Bupati Belu dr. Agustinus Taolin, Sp. PD- KGEH kepada media ini menyampaikan bahwa, masyarakat perbatasan harus diberdayakan baik ekonomi, kesehatan dan Pendidikan, ketiga hal ini dijalankan berimbang tentunya masyarakat menjadi kuat dan maju.

Hal ini disampaikan oleh dr. Agustinus Taolin di Hotel Naka pada hari Rabu, 09/09/2020. Masyarakat kalau diberdayakan tentunya ia sehat, sehat tentunya kuat, kuat berarti sekolah dan ekonominya matang.

Kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Belu ada di perbatasan tentunya ada isu perbatasan, Lintas batas, namun sudah ada organ-organ pemerintahan yang menjaga itu semua.

Fokus kami adalah pertanian, air bersih, pendidikan, kesehatan birokrasi, pasar modern di perbatasan karena masyarakat Kabupaten Belu itu rata-rata petani. Maka kedepan kita akan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian yang sudah menjadi turun temurun menjadi tradisi mata pencaharian, jadi fokus kita pada jagung, padi dan singkong di daerah perbatasan.

Loading...

Caranya, sebagai Pemimpin siapkan lahan yakni bantuan traktor yang sesuai dengan spesifikasi. Kita perlu menyesuaikan dengan Geografis di sana, jangan sampai orang minta traktor besar kita berikan traktor kecil. Kemudian masyarakat harus mempunyai bibit unggul supaya bisa meningkat penghasilan dari lahan yang mereka miliki. Kemudian pupuk, irigasi air tentunya pemerintah siapkan semua. Tanaman keras seperti kemiri, asam. Jelas Taolin.

Baca Juga: Pilkada Belu Harapan dan Sosok dr Agus Taolin di Mata Tokoh Integrasi Eks Timor Timor Lafaek

Rencananya juga akan membuka pasar di perbatasan yang berstandar internasional modern yang menjadi media  interaksi antara warga negara Timor Leste dan Indonesia untuk masyarakat bisa bertransaksi dengan hasil-hasil tentunya dengan nilai jual yang lebih baik, sehingga mereka bisa meningkatkan taraf hidup mereka di sana.

Kesehatan sudah otomatis, maka kami sudah mendeklarasikan bahwa masyarakat Belu berobat cukup bawa KTP saja sudah bisa mendapatkan pengobatan gratis, tidak ada aturan yang melarang karena regulasinya sudah ada. Jelas dr. Agus Taolin Bakal Calon Bupati.

“Pendidikan juga sangat penting, bagi anak-anak yang berprestasi kita berikan beasiswa untuk sekolah karena pada hari-hari ini daya saing kita  masih rendah karena berpendidikan tinggi sangat sedikit, 0,2% di bawa 1% yang sekolah S1, S2, S3. Kita punya sumber daya manusia yang tidak punya daya saing yang cukup disitu sehingga ini menjadi konsentrasi kedepan untuk meningkatkan kedepan”.

Loading...

Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Pasar, Air Bersih, Birokrasi. Dari keenam program kerja ini tentunya kita mengatur bertahap karena sejumlah program yang ada ini menjadi penting kedepan demi membangun ekonomi masyarakat Kabupaten Belu karena Kabupaten Belu sebagai Kabupaten Perbatasana yang memiliki corong atau warna NKRI di mata masyarakat perbatasan.” Tutup dr. Agus Taolin (YT)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat