Harapan Warga Eks Timor – Timur,  Belu Butuh Sosok dr. Agus Taolin

Harapan Warga Eks Timor – Timur, Belu Butuh Sosok dr. Agus Taolin

71

Katuas ‘Lafaek’ Alfonso Pinto

(Wawancara Awak Media KORPS NUSANTARA Dengan Tokoh Eks Timor – Timur, Mantan Ketua DPRD Viqueque dan Warga Kehormatan KOPASSUS, Katuas ‘Lafaek’ Alfonso Pinto)

Atambua, Corpsnews.com – Pilkada serentak tahun 2020 sudah di depan mata. Proses pendaftaran bakal calon sudah dilakukan sesuai jadwal yang diberi oleh penyelenggara. Tak terkecuali, Kabupaten Belu yang adalah Gerbang Perbatasan Republik Indonesia dan Republic Democratic Timor Leste (RDTL) menghelat pesta demokrasi 5 tahunan ini.

Kabupaten Belu merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Disana telah dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang menjadi serambi terdepan dalam hubungan Bilateral dan Multilateral kedua negara Indonesia dan Timor Leste.

Dari sisi Etnis kewilayaan warga Kabupaten Belu dahulu terdiri dari warga Suku ‘Melus Emafatuk Oan Ema Ai Oan’ (Manusia Penghuni Batu dan Kayu) yang berbahasa tetun.

Pada peristiwa Jajak Pendapat beberapa tahun silam, Kemerdekaan hasil Referendum pada 30 Agustus 1999 saat itu telah memecah warga ke dalam dua pilihan politik. Mereka yang Pro – Kemerdekaan tetap bertahan di kampung halamannya sendiri. Sementara warga pendukung otonomi khusus yang Cinta NKRI harus mengungsi keluar. Populasi penduduk di Timor – Timur kala itu menurun drastis. Hampir sepertiga penduduknya mengungsi ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan juga wilayah lainnya.

Mereka yang kini menetap di Provinsi NTT menamakan diri “Warga Negara Indonesia (WNI) Asal Timor Timur yang hingga kini tetap setia dibawah panji Merah Putih. Kecintaan WNI eks-Timor Timur kepada Indonesia belum dapat dibalas dengan kehidupan yang mapan. Mimpi hidup layak dan diperhatikan oleh negara adalah hak dari setiap warga negara, tak terkecuali WNI Eks Timor – Timur yang tetap berusaha mewujudkan impiannya di tengah keterbatasan dan akan terus mencintai Indonesia.

Media Korps Nusantara, mewawancarai salah satu tokoh Pejuang Integrasi yang cukup disegani dan berpengaruh di kalangan warga Ex Timor – Timur yakni Katuas ‘Lafaek’ Alfonso Pinto, yang juga salah satu sahabat Karib Prabowo Subianto di medan perang saat operasi TNI di Dili. Berikut petikan wawancaranya.

Loading...

(Dia Ka Lae Katuas Lafaek) Bagaimana Kabar Bapak Lafaek…?
“Oh… Kabar saya baik. Masih tetap cinta Merah Putih dan INDONESIA. Belum berubah dan tidak akan berubah sampai akhir hayat. Terima kasih sudah mau wawancara saya. Tapi maaf, bahasa Indonesia saya tidak sempurna. Karena saya tidak belajar bahasa indonesia di sekolah tetapi di medan perang”.

Apa kesibukan bapak hari – hari terakhir ini, yang mana di wilayah perbatasan sedang hangat dengan dinamika politik menjelang pilkada serentak. Apakah bapak mengikuti perkembangannya juga…?
“Yah, saya lebih banyak istirahat di rumah karena usia saya sudah 70 tahun. Sudah tidak muda lagi, tapi semangat saya masih setara yang usia 27 tahun. Kebetulan kemaren saya baru kembali dari Atambua. Saya diundang oleh dr. Agus Taolin untuk ikut mendampingi beliau mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati di KPUD”.

Jadi Bapak mendukung dr. Agus Taolin…?
“Yah, sudah pasti. Kalau tidak ngapain saya berangkat ke Atambua…? Saya sejak 1999 sudah tinggal di rumah saya di Tanah Merah ini sekalipun kurang lebih 3 tahun saya tinggal di Atambua usaha pabrik batu mangan. Kalau sampai saya berangkat ke Atambua berarti ada sesuatu yang urgent dan juga mendesak, termasuk bagaimana dr. Agus ini harus dimenangkan dalam Pilkada 2020 ini. Saya yang dianggap sebagai sesepuh harus turun gunung untuk mengajak semua warga baru agar bisa memenangkan dr. Agus”.

Sebelum kita ke pokoknya, saya mau bertanya sedikit. Bisakah bapak ceritakan bagaimana hubungan komunikasi dan pertemanan bapak dengan Ketua Umum Partai Gerindra yang saat ini menjabat sebagai Manteri Pertahanan RI..?
“Saya kenal Prabowo waktu di Dili dulu. Saat operasi TNI di Timor – Timur tahun 1975 – 1976. Waktu itu saya sebagai Ketua DPRD Viqueque. Beliau Danyon Operasi Satuan 328. Dulu saya sering terlibat dan mendapat penugasan dari beliau saat operasi. Tahun lalu ketika beliau sebagai Menteri Pertahanan mengumpulkan para pejuang integrasi atau partisan veteran di kediamannya di Hambalang, saya hadir juga saat itu bernostalgia bersama para purnawiran – purnawirawan seperti Suryo Prabowo, Safrie Samsudin, Tono Suratman, Musa Bangun, dan kawan – kawan lainnya”.

Foto Lafaek Di Hambalang Dan Berseragam Garuda Yaksa
Loading...

Terkait Pilkada di Kabupaten Belu, apa harapan Bapak kepada pemimpin yang akan datang…?
Belu itu wilayah perbatasan antara mereka disana dengan kita. Pemimpinnya harus mampu menciptakan inovasi dan juga kreatifitas melebihi daerah lainnya. Mengapa..? Karena mereka disana melihat tolak ukur Indonesia yah dari yang mereka bisa lihat di depan mata. Pos Lintas Batas Negara (PLBN) sudah bagus sekali. Tapi index kesejahteraan masyarakat juga harus naik, pemberdayaan kepada masyarakat juga harus terus dilakukan ditengah kondisi kita saat ini. Sehingga pemimpin Belu kedepan haruslah pemimpin yang bisa meng-create sebuah tata kelola pemerintahan yang baik, tentunya dengan kapasitas dan juga pengalaman yang mumpuni”.

Terkait dukungan Warga Ex Timor yang mendukung dr. Agus Taolin, apakah yang menjadi alasan dalam memberi dukungan tersebut…??
“Jadi begini, menurut hemat kami eks Timor Timur dr. Agus ini adalah orang pintar, cerdas dan punya hati. Pada umumnya profesi dokter itu demikian. Pasti pintar dan sesuai dengan sumpah jabatan, melayani dgn hati tanpa diskriminasi. Tidak ada yg ditinggalkan (red No One Left Behind). Beliau banyak berkiprah diluar daerah. Sekalipun pernah menjadi kepala rumah sakit Atambua. Saat ini beliau ingin pulang dan membangun kampung halamannya. Kami meyakini, bahwa dengan segudang pengalaman di luar, dr. Agus bisa mengangkat harkat dan derajat masyarakat kabupaten Belu umumnya termasuk di dalammya adalah eks Timor Timur yang menetap di Kab Belu”.

Apakah dalam pilkada 5 tahun lalu warga Ex Timor – Timur memiliki harapan yang sama kepada calon pemimpin saat itu….?
“5 tahun lalu kami mendukung Willy Lay dan Ose Luan. Tapi apa yang menjadi harapan kami tersebut tidak diakomodir dalam kepemimpinan Willy 5 tahun ini”.

Apa yang menjadi harapan Warga Ex Timor – Timur kepada pemimpin Belu di masa mendatang…?
“Sederhana saja. Mereka ingin hidup layak, anak – anaknya bisa bersekolah, tanggungan kesehatan mereka terjamin, akses untuk bertani dibantu oleh pemerintah itu saja. Karena kami ini meninggalkan Timor – Timur hanya pakaian dibadan saja. Lalu sampai disini kami diterlantarkan, yah saya pikir jangan sampai seperti itu karena kami punya hak yang setara dengan warga negara lainnya.
Janji – janji manis 5 tahun lalu oleh Wily Lay dan Ose Luan, sampai saat ini tidak dibuktikan. Wajar kami kecewa. Kami merasa suara kami dibutuhkan setiap 5 tahun untuk memenangkan Pilkada”.

Bisa bapak jelaskan apa saja yang menjadi harapan mendasar warga Ex Timor – Timur terhadap pemimpin di Kabupaten Belu…?
“Sederhana saja. Negara wajib memenuhi kebutuhan dan juga hak – hak dasar setiap warga negara. Pemenuhan kebutuhan hak – hak dasar warga baru itu sebenarnya sama saja. Akses pendidikan, kesehatan, perumahan yang layak huni, air bersih dan lain lain. Itu saja tidak lebih. Yang paling menyedihkan lagi adalah dengan jumlah ribuan warga baru saat ini di Kabupaten Belu, tidak ada inisiatif kepala daerah sebagai kepala pemerintahannya untuk menyiapkan lahan yang dipakai untuk menguburkan jenazah atau lahan untuk pemakaman. Jangankan yang hidup, yang sudah mati saja tidak diperhatikan. Sehingga saya benar – benar kecewa sekali dengan kepemimpinan 5 tahun ini”.

Demikian petikan wawancara dengan salah tokoh Pejuang Integrasi Timor – Timor yang juga menjadi Warga Kehormatan KOPASSUS Katuas “Lafaek” atau Alfonso Pinto.

PEWARTA : PT. MEDIA KORPS NUSANTARA BIRO NTT

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat