YTB Bersama Dinkes Kab Kupang Selenggarakan Pelatihan Bagi Dokter Demi Kurangi Gangguan Penglihatan

YTB Bersama Dinkes Kab Kupang Selenggarakan Pelatihan Bagi Dokter Demi Kurangi Gangguan Penglihatan

68

Corpsnews.com, Kupang – Demi mengurangi gangguan penglihatan dan kebutaan yang efektif dan inklusif Yayasan Tanpa Batas (YTB) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Kupang mengadakan kegiatan pelatihan bagi dokter tentang kesehatan khususnya masalah gangguan penglihatan di Sotis Hotel, jumat, (4/9/2020).

Pelatihan ini melibatkan 10 Puskesmas di Kabupaten Kupang yakni; Pakubaun, Oekabiti, Fatukanutu, Oesao, Camplong, Naibonat, Oesao, Tarus, Baumata, Oemasi dan Batakte serta 1 dokter dari RSUD Naibonat.

Melkianus Laiskodat, selaku Koordinator Lapangan Kabupaten Kupang, dalam sambutannya menekankan Program ini adalah program dinkes dan tidak semata-mata menjadi program Yayasan Tanpa Batas, program ini membutuhkan Keterlibatan puskesmas sanggat.

“Program ISEE ( Inclusive System For Efektive Eye Care), memiliki persiapan yang cukup panjang dengan melibatkan dinkes, Bapeda, Puskesmas Oesao serta stakeholder lainnya dan perjanuari 2020 program ini dimulai dan mendapatkan dukungan dari CBM (Christoffel-Blindenmission)”. Ungkap pria yang sering disapa Mel ini.

dr. Kuji L. K. Riwu Kaho, sebagai Kabid P2P yang juga mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, membuka kegiatan dengan menyampaikan bahwa kegiatan bertujuan untuk meningkatkan Kapasitas dari Dokter yang ada di Puskesmas dan RSUD Naibonat. Masalah mata di tingat puskesmas belum di tangani dengan baik, misalnya sistem skrining, begitu juga fasilitas yang mendukung.

“Peran puskesmas sangat penting melalui skrining, keterlibatan kaderi melakui pelatihan sudah dilakukan oleh dinkes Kab. Kupang dan Program ini merupakan program dinkes yang di dukung oleh YTB yang merupakan asisten dan suport, kedepan YTB akan meninggalkan program ini dan yang melanjutkan  ini adalah Dinkes dan Puskesmas”. Ungkap Kabkd P2P.

Melalui program ini juga, diharapkan kedepannya Puskesmas mepunyai inovasi dalam program mata di Puskesmas.
Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian materi mengenai gangguan mata secara umum, Katarak dan Persiapan Follow-Up Pasca Operasi Katarak oleh  dr. Ike Fernandes, Sp.M selaku spesialis mata.

*YX/Fisel*

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat