Peran Otorisasi Jasa Keuangan Sangat Berguna di Masyarakat

Peran Otorisasi Jasa Keuangan Sangat Berguna di Masyarakat

57

Pimpinan OJK Kota Tasikmalaya Edi Ganda

Corpsnews, Tasikmalaya – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan sebuah lembaga yang independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. OJK dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Kantor OJK sendiri berada pada alamat Jln. H.Z. Mustofa No. 339A; Tasikmalaya 46112 (04/09/2020).
Hasil Bincang-bincang pihak Kabiro Crops News bersama tim media bersama Pimpinan OJK Kota Tasikmalaya Bapak Edi Ganda diantaranya sebagai berikut:
• Agar pengawasan dalam dunia perbankan sangat mudah dikontrol untuk itu perlu adanya lembaga khusus yang dinamakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
• Bahkan dalam seiringnya jaman disertai dengan teknologi yang saat ini sangat pesat atau maju, maka OJK itu sendiri menggunakan sistem Pengawasan yang terintegrasi
• Sehingga dalam proses pengelolaan Industri Keuangan adanya Manajemen Resiko perlu diterapkan
• Perlindungan tentang ketentuan baku tentang konsumen diatur dalam aturan perundang-undangan.
• Selama berjalannya OJK sampai 9 tahun maka tentunya masyarakat merasakan dampak manfaatnya dalam industri keuangan tersebut karena masyarakat bisa mengadu tentang apa keluhan-keluhan yang terjadi dimasyarakat baik diperbankan maupun asuransi sebagai jasa keuangan.

Dengan Tugas Otorisasi Jasa Keuangan sebagai berikut:
1. Melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan
2. Melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor pasar modal
3. Melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor lainnya seperti dana pensiun, asuransi maupun lembaga lembaga keuangan lainnya.
Dalam ketentuan dalam otorisasi jasa keuangan harus mempunyai rasa keterbukaan sebagai bentuk wujud tanggung jawab Industri keuangan.” ujar Edi Ganda. (*)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat