Itjen Kemendes Bertekad Wujudkan Pengawasan Yang Berkualitas

Itjen Kemendes Bertekad Wujudkan Pengawasan Yang Berkualitas

67
Ir. Ekatmawati Plt. Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendes PDTT dalam rapat kerja (raker) guna mewujudkan pengawasan yang berkualitas.

Corpsnews.com, Jakarta – Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) gelar rapat kerja (raker) guna mewujudkan pengawasan yang berkualitas.

Dalam paparannya, Ir. Ekatmawati selaku Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendes PDTT mengatakan, Tahun anggaran 2020 ini merupakan tahun awal dimulainya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dalam mempersiapkan program dan kegiatan Rencana Lima tahunan dan kegiatan jangka pendek tahun 2020.
 “Untuk mempersiapkan itu semua, Itjen Kemendes melaksanakan raker dalam rangka menyatukan langkah, meningkatkan sinergi dan kerja sama untuk mewujudkan pengawasan yang berkualitas, serta mereviu kembali hasil-hasil yang sudah dicapai selama ini, serta hambatan-hambatan yang dihadapi, terutama terkait dengan pandemi COVID-19, dengan berbagai dampak yang ditimbulkannya,” ujarnya.
Ekatmawati menambahkan, ada dua tujuan sehingga raker ini diselenggarakan. Pertama adalah untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas kegiatan pengawasan Itjen. Harapannya, agar kegiatan pengawasan dilaksanakan lebih inovatif dengan mempertimbangkan isu-isu strategis dan aspek-aspek risiko yang ada.
Tujuan yang kedua adalah untuk meningkatkan Koordinasi dengan Unit Kerja Teknis dalam rangka pengawalan dan pembinaan pelaksanaan program dan kegiatan di lingkungan Kemendes PDTT.
“Kami sampaikan bahwa Itjen memiliki peran dalam melakukan pembimbingan  dan  pembinaan terhadap beberapa kegiatan dalam rangka Reformasi Birokrasi (RB),” ungkap Ekatmawati dalam paparannya, Kamis (3/9/2020)
Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan Kemendes PDTT, lanjut Ekatmawati, utamanya dalam aspek penguatan pengawasan telah berjalan dengan baik, Inspektorat Jenderal sebagai koordinator bekerja sama dengan Unit Kerja Eselon I  melaksanakan kegiatan tersebut meliputi:
1. Pelaksanaan RB Kemendesa telah menunjukan peningkatan, dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018. Berdasarkan evaluasi Kemen PAN RB  indeks RB Kemendesa, PDTT adalah 50,60 dalam tahun 2016 menjadi 71,04 ( Kategori Baik)  dalam tahun 2019, hal ini berimplikasi pada meningkatnya kepercayaan publik  terhadap Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi.
2. Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern (SPIP) di lingkungan Kemendesa PDT dan Transmigrasi telah menunjukkan perbaikan berdasarkan evaluasi BPKP.
3. Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), berdasarkan evaluasi Kementerian PAN dan RB menunjukan peningkatan dalam tiga tahun terakhir.
4. Pembanguan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di Kementerian telah dicanangkan, dari  hasil evaluasi Kemen PAN RB dalam tahun 2019 telah ditetapkan satu Unit Kerja di lingkungan Balilatfo, yaitu Balai Latihan Masyarakat telah (Balatmas ) Jakarta sebagai Unit Kerja Zona Integritas. Diharapkan dalam tahun mendatang akan lebih banyak lagi UKE yang menjadi Zona Integritas.
5. Peningkatan Kapabilitas APIP. Peningkatan Kapabilitas APIP adalah upaya untuk meningkatkan kempetensi dan kemampuan serta kualitas APIP, baik secara organisasi maupun auditornya dalam melaksanakan kegiatan pengawasan yang berkualitas, dengan pendekatan IACM (Internal Audit Capability Model).
6. Opini BPK atas Audit Laporan Keuangan  KDPDTT. Hasil audit atas Laporan Keuangan Kementerian Desa PDTT oleh Badan Pemeriksa Keuangan dalam beberapa tahun terakhir telah memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dan dalam tahun 2019 opini WTP tersebut telah dapat dipertahankan.
Sebagai informasi, jumlah seluruh undangan dan peserta dalam raker ini sebanyak 220 orang, untuk mematuhi protokol kesehatan terkait COVID-19, teknis penyelenggaraan dibagi menjadi dua, 50 orang secara tatap muka di Operational room Kemendes PDTT, dan 170 orang melalui online (Zoom).
Undangan dan peserta yang hadir dalam Raker Itjen tahun 2020 adalah Para Dirjen/Ka Balilatfo, Staf Ahli dan Staf Khusus, para Sesditjen dan Ses-Balilatfo, Sesitjen dan para Inspektur, serta Pegawai di lingkungan Inspektorat Jenderal. (Kemendesa)
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat