Ziarah Ke Makam Prof Suhardi, Bung Rogger: Beliau Mewarisi Kejujuran Dan Kesederhanaan Kepada Partai Gerindra

Ziarah Ke Makam Prof Suhardi, Bung Rogger: Beliau Mewarisi Kejujuran Dan Kesederhanaan Kepada Partai Gerindra

68
Kenang Ketua Umum Gerindra I Prof.Dr.Ir.Suhardi,M.Sc

Corpsnews.com, DIY – 6 Tahun berlalu, 29 Agustus 2014 yang lalu, Ketua Umum Gerindra I Prof.Dr.Ir.Suhardi,M.Sc dimakamkan dengan upacara dan parade kader Gerindra di kompleks pemakaman Guru Besar Universitas Gajah Mada, Sawit Sari, Condongcatur, Sleman Yogyakarta. Suhardi menghembuskan nafas terakhir di RSP Pertamina Jakarta Selatan yang sebelumnya menderita sakit kanker tenggorokan yang sudah merambat ke paru – paru.

Suhardi dikenal sebagai sosok sederhana dan bersahaja di mata seluruh kader Partai GERINDRA. Ketua Dewan Pembina saat itu Prabowo Subianto dalam sambutannya saat pelepasan jenazah di Aula DPP Partai GERINDRA sempat terbata – bata suaranya menegaskan bahwa Suhardi adalah sosok pemimpin yang bersih dan jujur. Suhardi yang sebelum berkecimpung di dunia politik aktif dan malang melintang di dunia akademisi dan organisasi, sempat menjadi Ketua DPD HKTI Daerah Istimewa Yogyakarta, yang mana Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum HKTI pada saat itu.

Dihubungi media ini Sabtu (29 Agustus 2020), Mantan Staf Prof. Suhardi Carlos Rogger Evantino menegaskan bahwa kesederhanaan dan juga kejujuran beliau masih terpatri rapi dalam benak seluruh insan kader GERINDRA.
“Bapak mewarisi kami kesederhanaan dan kejujuran kepada para pejuang politik partai GERINDRA untuk ditunjukan dalam membesarkan partai dan juga menuntut kontribusi bagi kepentingan bangsa dan negara. Dulu ketika mendampingi beliau, setiap pagi sebelum berangkat kendi dan juga jamu harus sudah disiapkan diatas mobil. Beliau sejak 1989 sudah bersumpah untuk tidak makan gandum. Sikap itu dijaga dan beliau konsisten kemudian tertuang dalam buku “Mandiri Pangan Sejahterakan Rakyat”, ucap pria yang merupakan staf Suhardi ini.

Bung Rogger menambahkan bahwa tradisi dan juga prinsip kemandirian pangan yang diwarisi oleh Suhardi adalah dalam setiap acara GERINDRA hingga saat ini, makanan yang merupakan sumber pangan dari alam indonesia, selalu menjadi suguhan utama seperti pisang, telo, kacang – kacangan. “Sampai saat ini tradisi itu masih ada dan akan terus dipertahankan di GERINDRA”.

Suhardi yang semasa hidupnya pernah dipercaya menjadi Direktur Jenderal Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial Departemen Kehutanan dan Perkebunan Kementerian Kehutanan, sempat bersama Presiden Ke -5 Megawati Soekarno Putri menanam jati dan juga melestarikan konsep bambu di Gunung Kidul Yogyakarta. Semasa hidupnya, Suhardi menolak mempatenkan karya-karyanya. Ia beralasan paten tidak diperlukan karena penelitiannya dibiayai negara, sehingga harus didedikasikan untuk masyarakat.

Suhardi juga dikenal sebagai pelopor penanaman cemara udang di Pantai Samas dan Pantai sekitar Kebumen. Lahan pasir menjadi sabuk hijau yang membuat ratusan lahan pertanian di sepanjang pantai, kini bisa tumbuh subur karena uap laut tertahan pohon penghijauan. “Beliau juga mempelopori penanaman kayu meranti, ketela, umbi-umbian seperti ganyong di lahan jati untuk menjadi bekal ketahanan pangan,” kata Pratikno yang saat ini adalah Menteri Sekretaris Negara saat melepas jenazah Suhardi di Balairung UGM, Jumat (29/8/2014).

Pewarta : Biro Corpsnews Jateng – DIY

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat