Kurangi Gangguan dan Lama Padam, PLN Operasikan Satu Jalur Jaringan Baru di Lombok Barat

71
Proses Pengerjaan PLN Operasikan Satu Jalur Jaringan Baru di Lombok Barat

Corpsnews, NTB – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram kembali mengoperasikan satu jalur Jaringan Tegangan Menengah baru yang akan meningkatkan keandalan supply listrik masyarakat Lombok Barat, khususnya di Kec. Gerung dan Kec. Lembar.

Dony Noor Gustiarsyah, Manager PLN UP3 Mataram menyampaikan bahwa pengoperasian jalur baru ini dilakukan dengan cara memecah jalur yang sudah ada, yaitu jalur Lembar dan jalur Gerung.

“Lebih andal karena bisa digunakan untuk manuver beban. Jadi, apabila jalur Lembar dan jalur Gerung terjadi gangguan, bisa dialihkan ke jalur yang baru.” jelas Dony.

Jalur Lembar saat ini telah memikul beban sebesar 4 MW atau 50% dari kapasitas maksimalnya. Sedangkan jalur Gerung, dibebani sebesar 5 MW, 62% dari kapasitas maksimalnya.

“Kedua jalur di atas bebannya sudah cukup tinggi. Totalnya 9 MW. Jadi, kami perlu membangun satu jalur lagi untuk membagi beban supaya pelayanan kami lebih andal.”

Potensi beban yang akan dipikul oleh jalur baru ini adalah sebesar 1,5 – 2 MW. Kapasitas jaringan yang dimiliki bisa menampung beban maksimal sampai dengan 6 MW. Jadi, selain andal, pengoperasian jalur baru ini juga untuk mengantisipasi pertumbuhan beban di kedua wilayah tersebut.

“Jalur baru ini dinamakan jalur Kebon Ayu. Panjang jaringannya 29,77 kms. Yang dibangun baru sepanjang 9 kms jaringan tegangan menengah untuk jalur baru ini.” jelas Dony.

Hingga bulan Agustus 2020, PLN UP3 Mataram telah mengoperasikan 6 jalur baru, termasuk jalur Kebon Ayu. Di awal tahun 2020, sebanyak 3 jalur di Lombok Utara, yaitu Jalur Senaru, jalur Akar akar dan jalur Sambik Elen dan satu jalur di Kota Mataram, jalur Langko. Satu jalur juga dioperasikan di bulan April 2020 di Lombok Timur, yaitu jalur Charoen.

Loading...

Total sebanyak 105 jalur tegangan menengah yang dioperasikan oleh PLN UP3 Mataram, dengan total panjang jaringan 6.497,15 kms yang harus terus dijaga dan ditingkatkan keandalannya selama 24 jam non stop.

“Semua upaya yang kami lakukan, merupakan salah satu wujud komitmen PLN untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19.” pungkas Dony. (*)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat