Korban Meninggal Akibat Kecelakaan  berhak mendapatkan santunan dari pihak Jasa Raharja

Korban Meninggal Akibat Kecelakaan berhak mendapatkan santunan dari pihak Jasa Raharja

12

Jawa Barat – Tasikmalaya corpsnews.com : Abdurrahman Damanik, SH.  Kepala Perwakilan Wilayah Jasa Raharja Kota Tasikmalaya  membawahi  6 Kabupaten Kota di mulai dari Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Pangandaran, Banjar, dan Garut.

Jasa Raharja Kota Tasikmalaya terdiri dari 18 karyawan, 6 karyawan dikantor dan 12 orang karyawan bertugas untuk dilapangan. Dengan bertugas pokok pihak Jasa Raharja sebagai pelaksana undang-undang nomor 33 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang  dan nomor 34 tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan. Selanjutnya bahwa Jasa Raharja sendiri sebagai tugas inti  adalah bekerja untuk  menyantuni  atau menyerahkan kepada korban-korban yang mengalami kecelakaan.

Prosedurnya apabila terjadi kecelakaan maka pihak keluarga korban cukup melaporkan kepada pihak kepolisian, dan melaporkan tentang kasus kecelakaannya lalu tugas kepolisian akan menghubungi  pihak Jasa Raharja sehingga kami akan bekerja, dengan catattan bahwa pihak keluarga korban harus melengkapi data diri contohnya kasusnya meninggal dunia ahli waris harus dapat menunjukkan identitas dirinya sebagai ahli waris seperti KTP Kartu Tanda Pengenal, baru bila sudah menikah harus menunjukan surat buku nikah, apabila sudah mempunyai anak harus menunjukan akte lahir dan Kartu Keluarga,  ahli waris dibagi menjadi 3 kelompok pertama istri atau suami yang sah, kalau istri atau suaminya yang sah tidak ada, maka kepada anak-anaknya yang sah, bila istri dan suaminya tidak ada kembali kepada orang tua korban  yang sah.

Apabila kecelakaan kedua belah pihak terjadi dan mengakibatkan kedua belah pihak korban maka dua-duanya kita jamin dan ada juga kasus kecelakaan yang tidak dijamin seperti kecelakaan tunggal kecelakan yang diakibatkan oleh korban sendiri misalnya menabrak  tembok,  menabrak tihang, masuk kejurang, atau menabrak hewan yang sedang lewat itu tidak dijamin oleh Jasa Raharja. Hak korban hak untuk mendapatkan santunan kematian itu  kepada   ahli waris, hak untuk mendapatkan biaya pergantian biaya perawatan dan  santunan cacad tetap, kepada korban-korban ini yang mengalami kecelakaan sehingga ahli waris berhak mendapatkan santunan sesuai dengan undang-undang.

Apabila meninggal dunia akibat kecelakaan  mendapatkan santuan   ahli waris korban  sebesar  Rp. 50.000.000,- apabila luka-luka maximal mendapatkan santunan Rp. 20.000.000,- sedangkan korban sampai cacad maksimal Rp. 50.000.000,- khusus untuk luka-luka kami sudah berkerjasama atau MOU dengan pihak-pihak Rumah Sakit, tetap kami berikan jaminan biaya perawatan di Rumah sakit sampai maksimal Rp. 20.000.000,- dan apabila korban dirawat di Rumah Sakit dan akhirnya sampai meninggal itu juga berhak untuk mendapatkan  santunan sebesar Rp. 50.000.000,-

Ada lagi kasus pembegalan misalnya korban lagi mengendarai motor tiba-tiba begal membacok atau membunuh korban maka itu tidak dicover atau tidak dijamin oleh Jasa Raharja, karena ini masuknya kriminal. Tapi apabila pihak korban ditabrak (kecelakaan) oleh begal atau perampok sampai korban meninggal maka pihak korban berhak mendapatkan jaminan asuransi Jasa Raharja. Dengan catatan kalau bersipat kriminal maka Jasa Raharja tidak menjamin.

Harapan Kedepan untuk masyarakat harus berhati hati,   sayangi jiwa anda, dan sayangi keluarga anda ujar Abdulrahman Damanik, SH.

Loading...

Sehubungan dengan bulan maret tahun 2020 mengalami dampak covid 19 maka grafik kecelakaan atau kematiaan itu sangat menurun. Bahwa Jasa Raharja bertugas untuk menyantuni santunan korban kecelakaan maka pihak Jasa Raharja tidak ikut campur dalam proses hukum , karena wilayah hukum itu ada dipihak kepolisian.

Kepala Jasa Raharja Perwakilan Wilayah Tasikmalaya

Kabiro corps news | Mumuh Kostaman,S.Kom

 

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat