KETELITIAN DATA MENJADI ACUAN PEMERINTAH DESA KAYU MERAH DALAM MENETAPKAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT BLT DD.

KETELITIAN DATA MENJADI ACUAN PEMERINTAH DESA KAYU MERAH DALAM MENETAPKAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT BLT DD.

9

CORPS NEWS, GORONTALO – Pemerintah Desa Kayu Merah Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo dalam menetapkan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa mengutamakan ketelitian data.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Kayu Merah Ismail Ja’far kepada Media Corps News Gorontalo saat wawancara khusus dikantor Desa Kayu Merah, Selasa (18/8/2020).

Dirinnya mengatakan, meski melewati medan dataran tinggi jalanan yang cukup menantang, sedikit pun tidak menghalangi upaya kami Pemerintah Desa turun langsung memverifikasi masyarakat calon Keluarga Penerima Manfaat.

Hasil verifikasi ini, beber Ismail Ja’far, akan jadi acuan kami didalam melakukan validasi data KPM yang kemudian akan dibahas dan diputuskan melalui Musyawarah Desa Khusus.

Dalam pembahasan melalui MUSDESUS tersebut sebelum tiba pada pengambilan keputusan kata Ismail Ja’far, dipastikan dulu apakah Hasil verifikasi ini, telah memenuhi syarat KPM yang sudah disepakati oleh seluruh masyarakat Kayu Merah.

Alhamdulillah, BLT Dana Desa  gelombang pertama untuk tahap 1,2, dan 3, sudah tersalurkan kepada 85 Keluarga Penerima Manfaat, ungkap Ismail Ja’far.

Lebih lanjut, Ismail Ja’far menuturkan bahwa pihaknya bersama BPD pada bulan juli 2020 yang lalu, kembali menggelar Musyawarah Desa Khusus membahas manakala terjadi penambahan ataupun pengurangan Keluarga Penerima Manfaat BLT DD gelombang kedua.

Menurutnya, potensi pengurangan, disebabkan KPM yang tadinya terdaftar sebagai penerima BLT DD, yang bersangkutan kemudian sudah tercover sebagai penerima BST atau PKH, maka itu akan dikurangi.

Loading...

“saya (Ismail Ja’far) tidak ingin ada penerima ganda, sesungguhnya hal tersebut menyalahi aturan. Kalau kemudian saya dapati dalam data penerima ada penerima ganda, maka saya akan ajukan ke BPD untuk menggelar MUSDESUS lagi, tegasnya. 

Ia pun menambahkan bahwa Keluarga Penerima Manfaat BLT DD untuk Gelombang kedua Desa Kayu Merah, mengalami peningkatan jumlah penerimanya.

Hal ini ucap Ismail Ja’far terjadi pada pasangan keluarga. Pasalnya antara suami istri masih berbeda tempat domisili, istrinya tercatat sebagai penduduk Kayu Merah sementara Suaminya tercatat sebagai penduduk Desa yang lain, begitupun sebaliknya.

Alhamdulilah, beberapa pasangan suami istri yang masih berbeda tempat domisili, secara administrasi saat ini mereka sudah tercatat sebagai penduduk Desa Kayu Merah. Sehingga pada Musyawarah Desa Khusus dalam rangka penetapan Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa gelombang kedua, sesuai yang dipersyaratkan, mereka tercover dan dinilai berhak menerima bantuan tersebut. Sehingga hal tersebut menambah deretan jumlah penerima BLT DD menjadi 96 KPM, bebernya.

Loading...

Jadi, realisasi penyaluran BLT DD tahap 1 pada gelombang kedua di bulan Juli 2020, ketambahan 11 KPM, terang Ismail Ja’far. (abduh hasan).

 

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat