Buku Nikah Sudah  1 Tahun Belum Selesai

Buku Nikah Sudah 1 Tahun Belum Selesai

14

Jawa Barat – Tasikmalaya corpsnews.com : Jajang Nendi Mulyadi warga RT 003 RW 004 Margajaya Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya menikah dengan saudari Risyanti Desa Tanjungjaya Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya, bernasib kurang beruntung, dikarenakan sesudah 1 tahun lebih Buku Nikahnya belum selesai juga, ujar Jajang bahwa  kami  sudah menikah dengan Risyanti Alhamdulilah sekarang sudah mau melahirkan anak namun kami merasa was-was pikiran sedikit terganggu oleh persoalan belum selesainya Buku Nikah.

Kronologi kejadiannya dari pihak korban sebagai berikut:

  • Surat nikah sudah ada, tinggal KUA menunggu tanda tangan dari kepala KUA, yang saat itu tidak dapat menandatangani karena Sakit
  • Mohon kesabarannya ,karena sebagian biaya ,di Korupsi oleh salah seorang Anggota KUA yang saat itu sudah di alihkan kerja nya,karena perbuatan nya. (Kami berdua masih dapat sabar)
  • Diminta kesabaran lagi, karena Saat itu pihak KUA sedang meminta Pertanggung jawaban kepada tersangka Korupsi uang biaya tesebut
  • Ya ditunggu beberapa Minggu ,sebentar Lagi buku nikah keluar, karena sebagian biaya sudah terkumpul (Kami cukup percaya)

Alasan ke -5 dan seterusnya kami lupa, karena telah berbagai alasan yang kami terima berbeda beda.

Untuk alasan Terakhir , Tanggal 15/08.2020 disaat kami menemuinya kembali, jawabnya sudah berbeda lagi, yaitu *Kami harus menunggu usia saya (istri) karena belum cukup umur. Saat itu kami  habis kesabaran karena Kami merasa Pada saat Kami menikah, peraturan Menikah 19 tahun ke Atas belum Berlaku. walaupun saudara Jajang dan Risyanti sudah membayar kewajiban  Administrasi  pernikahan sebesar Rp. 1.200.000,- tapi kenyataannya sampai saat ini belum selesai juga.

Awak media belum sempat mengkonfirmasi ke  kantor  KUA dan pihak kelurahan/Desa. menurut sumber yang lain bahwa oknum amil ini sudah melakukan kesalahan tanpa tanggung jawab dan belum menunjukan itikad baik.

Dikutip dari sumber perundang-undangan  bahwa peraturan Menteri Agama nomor 20 tahun 2019 tentang pencatatan nikah:

BAB V : Penyerahan Buku Nikah Pasal 21 ayat 3 diatur sebagai berikut: dalam hal terdapat hambatan dalam penerbitan buku nikah penyerahan buku nikah dilakukan paling lambat 7 (tujuh) hari kerja setelah akad nikah.

Hanya selembar kertas surat keterangan dari Desa Tanjungjaya Kecamatan Tanjungjaya bahwa Jajang dengan Risyanti menyatakan sudah menikah.

Loading...

Harapan Jajang dan Risyanti segera dikeluarkannya buku nikah, karena legalitas tersebut berguna untuk kedepannya berkaitan dengan nanti anak lahir untuk membuat akte kelahiran anak ujar Jajang.

 

Kabiro corpsnews | Mumuh Kostaman, S.Kom

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat