CURAH HUJAN TINGGI, WARGA TANI DESA LONGALO SULIT UNTUK BERKEBUN

67

CORPS NEWS, GORONTALO – Cuaca ekstrim saat ini, dimana intensitas hujan yang cukup tinggi, dampaknya sangat dirasakan warga Desa Longalo Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Gorontalo untuk berkebun. (3/8/2020).

Warga Desa Longalo yang mengais rezeki dari hasil kebun jagung sangat merasakan dampak cuaca ekstrim yang terjadi akhir – akhir ini.

Curah hujan yang cukup tinggi membuat warga tani sulit untuk bercocok tanam.

Bukan hanya itu, tingginya debet air sungai bahkan merembet sampai ke areal perkebunan warga, menambah deretan beban yang dihadapi warga Longalo yang notabene sebagai tani kebun jagung.

Seperti penuturan salah seorang warga yang enggan disebut namanya. Saat ditanya media Corps News Gorontalo terkait kendala yang dirasakan? Sudah serba suit katanya.

“torang ini so susah skali mo tanam milu pak. Apalagi saat mo panen milu, torang p kebun so penuh dengan air. Ditambah lagi jalan tani rusak karena longsor.

Kepala Desa Longalo Irwan Wumu saat ditemui media Corps News Gorontalo mengatakan keprihatinannya terhadap kondisi yang dirasakan warga saat ini.

Dirinya mengatakan, saat ini, pihaknya berusaha meminjam alat berat (eskapator) untuk mengangkat longsoran tanah didusun 4 yang sudah menumpuk dijalan.

Loading...

Ditambahkannya, akibat tumpukan tanah yang menutup jalan tersebut, 20 ton jagung hasil panen warga, tidak bisa dipasarkan karena satu – satunya akses jalan menuju pusat kota tertutup timbunan longsor.

Jadi, kami Pemerintah Desa berusaha untuk membuka jalan dulu, katanya. (AH)

 

 

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat