TANGANI COVID 19, PEMERINTAH DESA PARIS CURAHKAN SEGALA SUMBER DAYA YANG ADA.

TANGANI COVID 19, PEMERINTAH DESA PARIS CURAHKAN SEGALA SUMBER DAYA YANG ADA.

9

CORPS NEWS, GORONTALO – Ketersediaan fasilitas adalah merupakan sebuah tuntutan bagi Desa yang dinobatkan menjadi Ibu Kota Kecamatan.

Untuk bisa mencapai hal tersebut tentulah kiranya ditunjang dengan mengoptimalkan program pembangunan yang dapat mempersembahkan ketersediaan fasilitas, baik fasilitas yang dapat  melancarkan urusan Pemerintahan maupun fasilitas yang bisa menjawab segala kebutuhan masyarakat.

Kebijakan inilah merupakan visi Pemerintah Desa Paris Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo yang terus menciptakan geliat membangun Desa, guna mempertahankan status Desa Paris sebagai pusat Pemerintahan Pemerintah Kecamatan Mootilango.

Namun ditahun 2020, geliat membangun Desa rupanya mengendor karena terjangan Pandemi Covid 19.

Seluruh sumber daya yang dimiliki Pemerintah, diarahkan untuk menangani Covid 19.

Kepada Media Corps News Gorontalo, Kepala Desa Paris  Agus Dawali,S.Kom saat ditemui disela – sela kesibukannya berjibaku dengan persoalan Covid 19, Selasa (4/8/2020).

Lewat wawancara, dirinya menjelaskan bahwa pembangunan di Desa paris yang bisa dikejar pekerjaanya seratus persen ditahun 2020 yaitu pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL).

Pembangunannya kata Agus, berlokasi di tiga Dusun, Dusun Bulia, Dusun Bendungan, dan Dusun Paris.

Loading...

Selebihnya anggaran Dana Desa, kami arahkan ke penanganan Covid 19, ungkap Agus.

Lanjut, kata Agus Dawali, Maret 2020, berdasarkan keputusan Musyawarah Desa Khusus, pihaknya melakukan pergeseran anggaran dana Desa 64 juta Rupiah, dibelanjakan untuk pengadaan 464 paket sembako yang didistribusikan kepada 464 KPM yang terdampak Pandemi Covid 19. Kemudian pengadaan bahan disinfectant, dan masker.

Sasaran penyemprotan pungkasnya, rumah – rumah penduduk, Masjid, dan instansi perkantoran.

Selain itu ucap Agus, sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan, menjadi bagian dari kegiatan kami.

Loading...

Lain pihak ujar Agus, penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, usai kami tuntaskan untuk triwulan pertama, tahap 1,2,3.

Kata Agus Dawali, Keluarga Penerima Manfaat sebanyak 199 KPM.

Agus menambahkan, bahwa sebagaimana Permenkeu nomor 50 (PMK 07 2020) tentang perpanjangan BLT, pihaknya kembali menggelar musyawarah Desa khusus, menentukan jumlah KPM yang disesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

Maka kemudian dari hasil musyawarah, diputuskan dihadapan 199 KPM yang hadir, bahwa penerima BLT Dana Desa ditriwulan kedua berjumlah 150 KPM, ungkap Agus dihadapan Media Corps News Gorontalo saat wawancara.

Diutamakan KPM penerima BLT DD ditriwulan kedua adalah para lansia, KPM yang kehilangan pekerjaan, dan KPM yang rentan sakit, tandasnya.

Lain hal terkait dengan timbulnya klaster baru yang terpapar Virus Corona, ungkap Ayahanda Agus, bahwa pihaknya saat ini tak henti – hentinya mensosialisasikan kepada masyarakat terutama kepada masyarakat yang beraktifitas dipasar harian dan pasar mingguan tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Bahkan katanya, pihaknya melakukan sweping kepada pengunjung pasar maupun penjual yang tidak mematuhi protokol kesehatan, misalnya tidak memakai masker, tegas ayahanda Agus.

Sebenarnya ucapnya, Desa Paris ini akan dicanangkan oleh Pemerintah Daerah sebagai Desa Tangguh Bencana.

Kami, terang Agus, selaku Pemerintah Desa telah melakukan persiapan – persiapan antara lain menghimbau masyarakat menyediakan tempat cuci tangan, sabun anti kuman didepan rumah, hanya saja kami belum tahu kapan pelaksanaannya.

Namun begitu pada prinsipnya kami tetap menunggu hari pencanangannya, tutup Agus Dawali, S.Kom. (abduh hasan).

 

 

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat