PEMERINTAH DESA HELUMO DENGAN BERAGAM KEGIATAN PEMERINTAHAN DI TAHUN 2020.

PEMERINTAH DESA HELUMO DENGAN BERAGAM KEGIATAN PEMERINTAHAN DI TAHUN 2020.

9

CORPS NEWS, GORONTALO – Tidak maksimalnya realisasi pelaksanaan program pambangunan Desa di tahun 2020 ini tak dapat di pungkiri kondisi hari ini berlaku di semua Desa secara nasional.

Hal ini di sebabkan Pandemi Covid 19 yang melanda masyarakat dunia, sehingga mengharuskan Pemerintah Indonesia khususnya, baik Pemerintah Pusat, Daerah, bahkan Pemerintah Desa memusatkan perhatiannya untuk penanganan wabah Virus Corona.

Perhatian tersebut oleh Pemerintah di aplikasikan pada pemanfaatan anggaran pembangunan dialihkan untuk penanganan Covid 19.

Akan tetapi ada juga Desa masih bisa merealisasikan anggaran tahun 2020 untuk melaksanakan beberapa program pembangunan ditahun ini.

Ketika ditemui Media Corps News Gorontalo diruang kerjanya, Selasa (4/8/2020), Kepala Desa Helumo Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo Habri Mahmud, S.Pd menjelaskan bahwa pihaknya ditahun 2020 masih bisa menyelesaikan pembangunan jamban 15 unit dan Pembangunan Drainase (saluran air)  sepanjang 75 meter, dibangun didusun Benhil.

Pembangunannya, kata Habri dikerjakan ditriwulan pertama.

Lebih lanjut, ucap Habri, mengacu pada Permendagri nomor 20 tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid 19 oleh Pemerintah Daerah dan Permendes PDTT nomor 6 tahun 2020 tentang Dana Desa, pihaknya melalui keputusan musyawarah Desa melakukan pergeseran anggaran yang sumbernya dari dua kegiatan pembangunan ditahun 2020 yang tertunda pekerjaannya, yakni pembangunan jalan tani dan pembangunan sekolah PAUD.

Sejumlah 50 juta katanya, anggaran tersebut digunakan untuk penanganan Covid 19.

Loading...

Dalam memutus rantai penyebaran Virus Corona di Desa kami, pungkas Habri, berbagai cara yang kami lakukan dengan tetap bekerja sesuai koridor protokol kesehatan, seperti membagikan masker kepada masyarakat, penyemprotan disinfectant di beberapa Masjid, sekolah dan tempat – tempat umum.

Disamping itu tukas Habri pembangunan posko siaga Covid 19.

“saya katakan ke gugus tugas waktu itu agar peran posko harus dioptimalkan terutama mengawasi aktifitas masyarakat yang keluar masuk Desa. Yang lebih utama para pendatang. saya juga sudah katakan ke gugus tugas agar hal ini perlu diseriusi oleh karena menurut saya potensi penyebaran Virus Corona, pintu masuknya melalui aktifitas masuk keluarnya orang di Desa Helumo”. 

Alhamdulillah, ujar Habri sampai dengan saat ini Desa kami belum ada temuan kasus warga yang terpapar Covid 19.

Loading...

Meski begitu, imbuhnya pengawasan terhadap potensi penularan Virus Corona tetap diperketat.

Selain upaya pencegahan, pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap 1,2,3 triwulan pertama, juga telah disalurkan kepada 159 KPM.

Habri menambahkan, bahwa pihaknya pun telah menyalurkan BLT Dana Desa tahap 1 di triwulan kedua, dimana berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 50/ PMK 07/2020    terkait perpanjangan BLT DD bahwa ketentuan hak penerima BLT yang diterima oleh warga pemanfaat sebesar 300 ribu rupiah.

Jadi, kata Habri, Desa Helumo adalah yang pertama diantara sepuluh Desa di Kecamatan Mootilango yang menyalurkan BLT Dana Desa tahap 1 triwulan kedua.

Habri yang begitu antusias saat menjawab pertanyaan terkait kegiatan Pemerintah Desa Helumo ditahun 2020, masih juga antusias menjawab pertanyaan Media Corps News Gorontalo terkait dampak dari intensitas curah hujan saat ini, terhadap ekonomi masyarakat.

Dengan gamblang jawabnya, bahwa intensitas curah hujan saat ini justru dimamfaatkan masyatakat, terlebih masyarakat petani. Mereka menampung air untuk kebutuhan persawahan.

Rata – rata sawah di Desa Helumo itu, mengandalkan curah hujan, ujar Habri.

Pernah kami Pemerintah Desa membangun embung untuk menampung air, akan tetapi kenyataan yang ada embung tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan air untuk persawahan, tutup Habri. (abduh hasan).

 

 

 

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat