Ringkus Sindikat Sertifikat Pelaut Palsu, Kemenhub Beri Penghargaan

Ringkus Sindikat Sertifikat Pelaut Palsu, Kemenhub Beri Penghargaan

68
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. (Foto : Instagram @budikaryas)

Corpsnews, Jakarta –  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan piagam penghargaan kepada Polres Metro Jakarta Utara yang telah berhasil meringkus 11 anggota sindikat yang memperjualbelikan sertifikat keterampilan pelaut palsu, hari ini Senin (27/7/2020).

“Polres Metro Jakarta Utara bersama dengan tim Satgas Kemenhub berhasil mengungkap sindikat pemalsuan sertifikat keterampilan pelaut dengan melakukan ilegal akses atau hacking pada situs resmi Kemenhub RI,” terang Menteri Perhubungan RI, Budi Karya di Kantor Kementerian Perhubungan, Senin.

Menteri Perhubungan menjelaskan sindikat tersebut menjalankan aksinya dengan mencari orang-orang yang ingin bekerja sebagai pelaut dan menawarkan jasa pembuatan sertifikat keterampilan pelaut.

Sindikat tersebut juga menyuap oknum pegawai honorer di Kemenhub untuk menyelundupkan blanko sertifikat keterampilan pelaut asli yang berada di gudang Kemenhub.

Setelah berhasil mendapatkan blanko sertifikat keterampilan pelaut asli, sindikat tersebut kemudian meretas situs resmi Kemenhub RI untuk mendaftarkan sertifikat tersebut. Sehingga saat diperiksa secara daring nama maupun nomor sertifikat tersebut terdaftar di situs resmi Kementerian Perhubungan RI.

Sertifikat ini sebenarnya asli tapi palsu. Mereka menawarkan dengan jaminan blanko sertifikat asli buatan Peruri dan nomor sertifikat pelaut teregistrasi di situs Kemenhub.

Kemenhub mengucapkan selamat setinggi-tingginya atas kinerja petugas gabungan Polres Metro Jakarta Utara – Kemenhub berhasil melacak jejak komplotan ini dan meringkus 11 orang yang terlibat meski bekerja dengan sangat rapi. (psp)

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat