LIMA PULUH PERSEN ANGGARAN DANA DESA TAHUN 2020 DI DESA PUNCAK TERSERAP UNTUK PENANGANAN COVID 19.

LIMA PULUH PERSEN ANGGARAN DANA DESA TAHUN 2020 DI DESA PUNCAK TERSERAP UNTUK PENANGANAN COVID 19.

10

CORPS NEWS, GORONTALO – Serapan anggaran Dana Desa tahun 2020 di Desa Puncak Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo, lima puluh persen terfokus pada penanganan Covid 19.

Demikian penjelasan Kepala Desa Puncak Rinto Ambela, SP ketika ditemui Media Corps News Gorontalo diruang kerjanya, Selasa (28/7/2020).

Dirinya menjelaskan bahwa penyerapan anggaran tahun 2020 sudah mencapai lima puluh persen dari total anggaran Dana Desa yang dikucurkan diperuntukkan khusus untuk penanganan Covid 19.

Rinto Ambela saat diwawancarai mangatakan bahwa memang anggaran yang diperuntukkan untuk penanganan Covid 19 ini, tidak masuk dalam APBDes tahun 2020.

Namun berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 20 tahun 2020 tentang penanganan Covid 19 oleh Pemerintah Daerah dan Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi nomor 6 tahun 2020 mengatur tentang BLT Dana Desa yang kemudian ditindak lanjuti dengan surat edaran Pemerintah Daerah maka, kami selaku Pemerintah Desa melakukan musyawarah khusus untuk menentukan besaran anggaran yang akan digeser untuk penanganan Covid 19, pungkas Rinto.

Meskipun ujar Rinto, hal tersebut sudah diatur dalam Permendes.

Lebih lanjut tukas Rinto, tahun ini, pihaknya belum mengagendakan kegiatan pembangunan di Desa Puncak.

Hingga saat ini kami pihak Pemerintah Desa Puncak menunggu instruksi selanjutnya terkait pemanfaatan Dana Desa, apakah pemanfaatannya masih fokus pada penanganan Covid 19 atau bagaimana, pada prinsipnya kami masih menunggu, ujar Rinto.

Loading...

Disinggung soal lonjakan orang yang terpapar Virus Corona yang terjadi baru – baru ini hampir semua Daerah di Provinsi Gorontalo, apa upaya bapak selaku Pemerintah Desa dalam mencegah penyebaran Virus sehingga tidak merambah Desa Puncak. Dikatakannya bahwa :

“kerja gugus tugas dioptimalkan. Saya juga sudah beri tugas kepada kepala dusun untuk mengawasi dan melaporkan aktifitas warga yang keluar masuk desa puncak terutama warga yang bukan penduduk desa puncak. Jika kemudian didapati warga yang bukan warga desa puncak, maka saya selaku kepala desa akan ambil tindakan sesuai prosedur yang berlaku.

Upaya ini dilakukan guna mencegah penularan Virus Corona di Desa kami, terang Rinto. (abduh hasan).

 

Loading...

 

 

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Open chat
1
Selamat Datang Di Media Online Kami
Untuk Informasi CorpsNew Silahkan Chat